Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Teh, Minuman Aromatik Kaya Manfaat

Ilustrasi teh

MURIANEWS, Kudus – Teh di Indonesia adalah minuman yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Aroma dan rasa yang khas menjadikan minuman ini digandrungi dari berbagai tingkatan usia.

Bagi anak-anak hingga remaja umumnya lebih menyukai teh dingin. Sementara pada tingkat orang dewasa lebih suka meminumnya dalam keadaan hangat atau panas meski tidak menutup kemungkinan mengonsumsinya dengan es.

Meski teh umumnya adalah jenis teh hitam dan teh hijau, tetapi terdapat berbagai jenis teh yang nikmat untuk dinikmati. Teh putih, oolong dan teh puer adalah jenis-jenis teh lainnya yang sering dikonsumsi di Indonesia.

Minuman dengan bau yang harum ini tidak hanya nikmat untuk diminum. Kandungan pada teh ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Teh dikenal memiliki kandungan antioksidan yang disebut flavonoid. Kandungan paling ampuh dikenal dengan Epigallocatechin Gallate (ECGC) yang mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, penyumbatan arteri dan kanker.

Kandungan kafein dan teanin pada teh yang terkenal cukup tinggi dapat bermanfaat bagi tubuh. Zat itu dapat bermanfaat untuk otak serta meningkatkan kewaspadaan.

Pada teh oolong dan teh hitam dikenal terbuat dari daun teh yang difermentasi. Jenis-jenis teh tersebut bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta melindungi paru-paru terhadap paparan asap rokok dan dapat mengurangi risiko stroke

Selain teh olong dan teh hitam, teh hasil fermentasi lainnya adalah teh puerh. Dilansir dari WebMD, penelitian yang melibatkan hewan yang diberi teh puerh mengalami kenaikan berat badan yang lebih rendah dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Supriyadi
Sumber: WebMD

Comments
Loading...