Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Fosil di Museum Patiayam Dikaji untuk jadi Cagar Budaya

Seminar kajian fosil koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Koleksi fosil yang terdapat di Museum Situs Purbakala Patiayam dipastikan memiliki nilai sejarah. Bahkan sebelas fosil tengah dikaji untuk bahan rekomendasi penetapan cagar budaya.

Ada sebelas fosil yang masuk kajian ini. Mulai dari gading gajah purba, kepala sapi purba, tulang paha kudanil, hingga peralatan zaman Purbakala.

Koleksi Purbakala itu, konon berusia antara 700 ribu hingga dua jutaan tahun lalu dan ditemukan di Kawasan Situs Purbakala Patiayam.

Kajian itu dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus bersama Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Hasil dari kajian itu diseminarkan di @Hom Hotel Kudus, Rabu, (3/11/2021).

Baca: Fosil Banteng Purba Diselamatkan dari Tepi Bengawan Solo di Blora

Kurator Koleksi Museum BPSMP Sangiran, Cagya Ratna Mahendrani mengatakan, kajian koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam telah dilakukan pada 4-6 Oktober 2021 lalu. Ada sebelas koleksi fosil purbakala yang dikaji dengan metode significance.

Dari belasan koleksi yang sudah dikaji, sambung dia, memiliki nilai signifakasi yang bervariasi, mulai rendah hingga tinggi. Nilai tersebut dihasilkan dari sejumlah faktor kriteria, mulai dari kelangkaan hingga asal-usul.

“Ada berbagai macam jenis fosil. Diperkiaran berusia 700 ribu hingga dua jutaaan tahun lalu,” katanya.

Baca: Hujan Berhari-hari, Fosil Gajah Purba Bermunculan di Kawasan Patiayam

Menurutnya hasil kajian tersebut nantinya juga menjadikan rekomendasi untuk penetapan cagar budaya.

“Outpunya lebih ke rekomendasi apakah nanti bisa diajukan jadi cagar budaya dan apakah koleksi itu bisa mempunyai cukup cerita untuk ditampilkan di museum,” ungkapnya.

Terpisah, Plt Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah menjelaskan, kajian dan seminar koleksi museum situs purbakala Patiayam itu, agar koleksi di museum bisa lebih diketahui nilai-nilai pentingnya dan bisa tercatat dengan baik.

Selain itu, masyarakat bisa mengetahui dan memahami nilai penting dari koleksi peninggalan purbakala di Kawasan Situs Purbakala Patiayam.

“Sehingga masyarakat  bisa turut menjaga dan melestarikan peninggalan purbakala,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.