Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wonosoco Kudus Diterjang Banjir Bandang Lagi, Solusi Ini Dinilai Efektif

Relawan membantu membersihkan rumah di Wonosoco Kudus yang diterjang banjir bandang. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Selasa (2/11/20021) kembali diterjang banjir bandang. Kondisi serupa, kerap terjadi setiap tahunnya.

Ini terjadi lantaran sungai di desa tersebut dinilai tak mampu menahan air kiriman dari Pegunungan Kendeng.

Camat Undaan Rifa’i mengatakan, setiap ada hujan deras, limpasan air dari gunung yang menuju sungai kerap mengakibatkan terjadinya banjir bandang.

Menurutnya, solusi yang bisa diterapkan yakni dengan pelebaran sungai yang saat ini dinilai masih sempit.

Menurutnya, sungai di desa tersebut perlu dilakukan pelebaran hingga tiga meter untuk langkah antisipasi jangka panjang.

“Satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini diperlukan adanya pelebaran sungai kira-kira sekitar tiga meter. Saat ini lebar sungai baru sekitar tiga setengah meter,” katanya.

Baca: Banjir Terjang Wonosoco Kudus, Dapur Dua Rumah Hanyut

Sementara terkait bencana ini, pihaknya tengah mengupayakan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus untuk warga Desa Wonosoco yang terdampak banjir bandang.

“Kami juga akan mintakan bantuan sukarelawan sementara dari desa-desa lain, (di Kecamatan Undaan, red),” terangnya.

Kades Wonosoco Setyo Budi menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah berupaya mengantisipasi terjadinya banjir bandang tersebut saat musim hujan. Yakni dengan pembangunan beton hingga pondasi dinding sungai.

“Dinding pengaman berupa betonisasi dan pondasi. Tapi titik lokasi yang meluap ini itu belum kami lakukan, karena kami anggap saat itu masih kuat, dan itu bangunan warga sendiri bukan dari desa,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...