Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Banjir Terjang Wonosoco Kudus, Dapur Dua Rumah Hanyut

Dapur rumah warga Wonosoco Kudus hanyut terbawa banjir bandang. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Banjir bandang menerjang wilayah permukiman penduduk di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Selasa (2/11/2021). Banjir menerjang sekitar pukul 15.00 WIB.

Banjir bandang tersebut terjadi usai hujan lebat dan sungai di desa itu meluap akibat tak kuat menampung derasnya aliran air kiriman dari Pegunungan Kendeng.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang itu. Namun, ada dua rumah yang sebagian bangunannya turut hanyut terbawa banjir.

Kepala Desa Wonosoco, Setyo Budi mengatakan, banjir bandang di desanya terjadi cukup lama dengan ketinggian sekitar 50-70 cm. Ada sejumlah rumah di desanya yang mengalami kerusakan cukup berat akibat luapan air yang disertai lumpur.

Rumah milik Pariyem bagunan pada bagian dapur hanyut tersapu banjir. Perabotan di dalam dapur juga hanyut terbawa banjir.

Begitu juga rumah milik Bambang Gunadi yang dinding belakang rumah jebol. Kedua rumah tersebut berada di RT 1 RW 1.

“Rumah Pak Sarikin juga terdampak di RT 3 RW 1, mengalami kerusakan. Banjir bandang sekitar pukul 15.00 WIB,” katanya saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (2/11/2021).

Baca: Ratusan Rumah di Klambu Grobogan Diterjang Banjir Bandang

Sementara Camat Undaan Rifa’i menjelaskan, banjir bandang tersebut diakibatkan sungai yang sudah tidak kuat menampung kiriman air dari Pegunungan Kendeng. Selain rumah yang mengalami kerusakan, sejumlah rumah juga kemasukan air beserta lumpur.

“Rumah yang dipinggir sungai itu terdampak. Kerusakan rumah rusak parah hingga roboh itu ada dua, yang rusak sedang ada sekitar 12-15 rumah. Sedangkan yang rusak ringan itu ada sekitar 15 rumah,” ungkapnya.

Dari pantauan MURIANEWS, menjelang petang air sudah mulai surut. Sejumlah relawan dari BPBD, TNI-Polri, PMI, MDMC dan sejumlah warga tengah membantu proses evakuasi hingga pembersihan.

Terlihat juga sejumlah mobil tangki air yang berdatangan untuk membantu pembersihan rumah yang dipenuhi lumpur.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...