Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tiang Lampu Dicabuti Mantan Kades, Desa di Pati Ini Lelang Banda Desa

Kades Guwo Sutaji memberikan keterangan kepada wartawan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Desa (Pemdes) Guwo, Kecamatan Tlogowungu akan melelang banda desa untuk membeli tiang lampu jalan. Ini dilakukan lantaran mantan kades setempat, Sulhan mencabuti tiang-tiang lampu jalan di desa itu.

Hal itu lantaran Sulhan bersikeras untuk mencabut puluhan tiang yang dipasang selama ia menjabat sebagai kepala desa.

Kades Guwo Sutaji mengatakan, berdasarkan musyawarah desa, pihaknya akan melakukan pelelangan banda desa. Rencananya, hasil lelang akan digunakan untuk membeli tiang penerangan.

“Kira-kira hasilnya Rp 60 juta (dari lelang banda desa, red). Uang tersebut digunakan untuk membeli tiang. Tetapi memang ukurannya lebih kecil dari yang sebelumnya,” kata Sutaji, Selasa (2/11/2021).

Dia mengaku, sejauh ini memang belum ada mediasi untuk menyelesaikan masalah pencabutan tiang listrik tersebut. Bahkan dua perangkatnya yang diutus untuk koordinasi dengan Sulhan, saat pemutusan jaringan listrik, juga tidak ada kabar.

“Saya sempat mengutus perangkat ke rumah Sulhan untuk membicarakan pencabutan itu, tapi hingga saat ini belum ada kabar. Tapi kami sikapi dengan musyawarah. Hasilnya itu tadi,” imbuhnya.

Baca: Mantan Kades di Pati yang Cabuti Tiang Lampu Buka Suara

Untuk pembelian tiang itu, lanjutnya, nanti akan dibelikan dengan ukuran yang lebih kecil. Estimasi, tiang dengan ukuran enam meter sekitar Rp 600 ribu per batang. Dengan jumlah hasil lelang banda desa, setidaknya nanti bisa mencukupi.

“Karena jalan desa, tetap kami prioritaskan. Rencanaya dulu menggunakan Dana Desa, tapi karena sudah ada plot masing-masing, ya kami gunakan dana hasil lelang banda desa. Yang penting jalan di Desa Guwo kembali terang,” ungkapnya.

Baca: Ini Alasan Mantan Kades di Pati Kekeh Cabuti Tiang Lampu Jalan

Sebelumnya diberitakan, Sulhan mantan Kades Guwo bersikukuh mencabut tiang-tiang lampu jalan yang dipasang selama dua periode dia menjabat.

Alasannya, Sulhan geram lantaran setelah tidak menjabat ia mengaku difitnah melakukan korupsi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...