Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

2 Rumah di Purbalingga Terancam Longsor, Ini Gara-garanya

Salah satu rumah di Purbalingga terancam longsor setelah tanah di belakang rumah. (Serayunews.com)

MURIANEWS, Purbalingga – Dua rumah di RT 1 RW 2 Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga terancam longsor. Kedua rumah tersebut diketahui milik Tato dan Mafrudij warga setempat.

Ancaman longsor tersebut setelah tanah bagian belakang rumah ambles usai diterjang hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari. Padahal, dalam kedua rumah tersebut dihuni 11 orang.

“Waktu kejadiannya Minggu dini hari, karena hujan terus menerus saat itu,” kata Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga Umar Fauzi seperti dikutip Serayunews.com, Senin (01/11/2021) petang.

Baca: Curi HP Santri TPQ, Pengangguran di Purbalingga Terancam 5 Tahun Penjara

Ia menjelaskan, tanah di belakang rumah Tato, ambles sampai sekitar setengah meter. Kondisi seperti itu sangat potensi untuk terus ambles. Apalagi ketika hujan terus menerus turun. Upaya untuk meminimalisir dampak yang terjadi, perlu dilakukan penanganan.

“Telah dilakukan penutupan rekahan tanah oleh warga dan mengarahkan air hujan agar tidak masuk ke rekahan,” ujarnya.

Setelah dilakukan assesmen oleh BPBD, diusulkan untuk dipasang tiang-tiang penahan menggunakan bambu. Tiang tersebut dipasang secara bersap-sap. Sehingga lahan terbentuk terasering.

“Penanganan darurat BPBD purbalingga mengusulkan dengan menanam cerucuk bambu yg dipasang ber sap-sap. Penutupan rekahan longsor dekat rumah dengan terpal agar air tidak masuk ke dalam rekahan tanah yang dapat menyebabkan longsor susulan,” tambahnya.

Baca: Konsumsi Ganja, Pria Semarang Diringkus Polisi Purbalingga

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Serayunews.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.