Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tanggul Sungai di Srikaton Pati Jebol, Belasan Rumah Kebanjiran

Petugas bersama warga memperbaiki tanggul sungai yang jebol. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tanggul Sungai Kesinan di Desa Srikaton, Kecamatan Kayen, Pati, jebol. Akibatnya, belasan rumah dan sekolah kebanjiran.

Jebolnya tanggul itu akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kayen hingga menyebabkan sungai meluap.

Saat ini, petugas dari TNI, Polri, relawan dan warga setempat pun melakulan penambalan.

Riyan, warga Desa Srikaton mengatakan, tanggul jebol itu terjadi pada Minggu (31/10/2021) kemarin. Saat itu, kondisi air sungai penuh sehingga tanggul tidak kuat menahan air, kemudian jebol.

“Tahun ini baru pertama kali jebol. Pas hujan pertama pula. Kebetulan hujannya juga cukup deras,” katanya, Senin (1/11/2021).

Dia menyebut, jebolnya tanggul sungai itu juga membuat dua hektare sawah milik warga tergenang air. Namun, saat ini kondisi air sudah mulai surut. Kemudian untuk genangan yang ada di rumah warga juga sudah hilang.

“Masih ada sedikit di areal persawahan. Kalau hari ini panas, nanti airnya juga hilang,” ujarnya.

Baca: Ini Alasan Mantan Kades di Pati Kekeh Cabuti Tiang Lampu Jalan

Untuk mengantisipasi dampak lebih buruk serta turunnya hujan di wilayah tersebut, TNI dan Polri melakukan perbaikan tanggul bersama dengan warga setempat.

“Untuk mengantisipasi akan datangnya hujan, langsung kita adakan kerja bakti perbaikan tanggul bersama dan 20 warga Srikaton dibantu anggota Koramil 04/Kayen serta anggota Polsek Kayen,” kata Danramil Kayen Lettu Inf Wanto.

Perbaikan tanggul tersebut dilakukan secara manual, yakni dengan memasukkan tanah ke dalam karung. Kemudian karung ditata di tanggul yang jebol dan diperkuat dengan tonggak bambu.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...