Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Begini Kronologi Mobil Pelat Merah Halangi Ambulans di Klaten

Mobil berpelat merah sempat menghalangi laju ambulans yang membawa korban kecelakaan di Klaten. (Tangkap Layar/Instagram @ambilanceindonesia)

MURIANEWS, Klaten – Jagat maya kembali dibuat gempar dengan video yang memperlihatkan sebuah mobil pelat merah menghalangi jalan ambulans yang sedang mengangkut pasien di Klaten, Jawa Tengah.

Padahal sirine ambulans yang menjadi tanda sedang mengangkut pasien menyala. Sontak hal itu membuat banyak netizen geram.

Mengutip Detik.com, Rudi Kristiyadi (21) sopir ambulans menjelaskan, kejadian tersebut terjadi, Jumat 29/10/2021 siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca: Viral Mobil Berpelat Merah Halangi Ambulans di Klaten

“Saat itu belum hujan dan saya membawa pasien perempuan pasca-kecelakaan,” katanya, Sabtu (30/10/2021).

Rudi mengatakan awalnya dia diminta tolong rekannya yang sesama sopir ambulans untuk menjemput seorang pasien. Pasien tersebut mengalami kecelakaan.

“Saya diminta teman saya yang juga sopir ambulans, menjemput pasien. Yang kecelakaan itu temannya, tapi dia tidak bawa ambulans,” tutur Rudi.

Setelah menjemput pasien dari klinik PMI, Rudi membawa pulang pasien ke Desa Kraguman melintas Jalan Pemuda. Sesampainya depan kantor Pemkab Klaten jalanan padat merayap.

“Saya putuskan melawan arah ambil ke kanan. Jarak 200 meter di depan saya beberapa mobil yang di depan mobil pelat merah itu geser menepi, tapi itu (mobil pelat merah) tidak mau,” sambung Rudi.

Baca: Polisi Buru Mobil Pelat Merah yang Halangi Ambulans di Klaten

Karena mobil itu tidak mau menepi, sambung Rudi, dirinya keluar dan turun untuk bertanya kepada pengemudi. Meski dirinya sudah turun mobil berwarna hitam itu tetap tidak mau menepi.

“Saya turun mobil tetep tidak mau menepi. Baru setelah saya dekati, saya tempel mau mundur dan menepi lalu pergi,” papar Rudi.

Rekaman video kejadian tersebut awalnya viral di WhatsApp Group (WAG) pada Jumat (29/10) sekitar pukul 19.00 WIB. Sekitar pukul 24.00 WIB video kejadian tersebut diunggah di akun Instagram @kabar_klaten dan menyebar hingga @ambulanceindonesia.

Baca: Duel Maut Sahabat Karib di Klaten Diduga karena Miras

Dalam unggahan tersebut disertakan video berdurasi 15 detik. Video itu disertai keterangan, “Lokasi tepat di depan kantor DPRD Kab. Klaten. Kronologi ambulance membawa pasien Pasca Kecelakaan dari PMI Klaten dengan kode sirine (Pasien tenang) memutuskan mengambil alih lajur Lawan arah karena lajur yang sama macet total. Semua kendaraan lawan arah sudah memberi jalan dengan menepi ke kiri, hanya mobil plat dinas tersebut yang enggan untuk menepi dan tetap melaju di depan ambulance dengan berhadapan sehingga membuat ambulance terhenti dan terhambat dalam melakukan tugas.”

Pada rekaman video tersebut terlihat ambulans mengambil lajur kanan melawan arus karena lajur kiri macet. Ambulans membunyikan sirine tenang.

Saat itulah ada mobil dinas berpelat merah AD 9502 OL dari arah berlawanan tersebut tidak menepi sedangkan mobil lain terlihat menepi lewat jalur lambat. Sopir ambulans yang tampak mengenakan kaus abu-abu turun.

Baca: Odong-Odong Korslet Bikin Tiga Kios di Klaten Hangus

Setelah sang sopir turun, mobil plat merah menepi. Terlihat sopir berkata sesuatu kepada pengemudi mobil pelat merah tetapi tidak ditanggapi dan kaca tetap ditutup sambil berlalu.

Setelah diunggah 9 jam, video tersebut dilihat 55.478 kali pada Sabtu (30/10/2021) pukul 08.00 WIB dengan ratusan komentar netizen.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Abi Praya Guntur Sulastiasto mengatakan polisi masih menyelidiki kejadian itu.

“Masih kita selidiki,” ujar Abi.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...