Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Inilah Jenis Senar Raket Badminton Pilihan Atlet PB Djarum

Senar raket PB Djarum
Stringer PB Djarum, Gilang Mustika Aji sedang menyenar raket atlet. (MURIANEWS/Vega Ma’ariji Ula)

MURIANEWS, Kudus – Raket adalah ‘senjata’ bagi atlet bulutangkis. Sedangkan senar, adalah komponen raket yang sangat penting. Setidaknya ada dua jenis senar yang jadi pilihan atlet PB Djarum.

Dua senar itu memiliki kelebihan masing-masing. Senar pertama yang sering digunakan atlet PB Djarum yakni senar Li-Ning number one dengan ketebalan 0,65 milimeter. Sedangkan yang kedua senar Li-Ning number seven dengan ketebalan 0,70 milimeter.

“Senar Li-Ning number one memiliki ketebalan 0,65 milimeter, itu kalau kata atlet yang sudah mencoba katanya lebih akurat. Rata-rata senar tipe ini dipakai oleh atlet tunggal. Kalau
yang 0,70 lebih tebal. Biasanya atlet ganda yang pakai ini,” kata Stringer (ahli senar raket) PB Djarum, Gilang Mustika Aji, Jumat (29/10/2021).

Menurut Gilang, dari segi kekuatan, dua senar ini juga berbeda. Senar Li-Ning number one dengan ketebalan 0,65 milimeter biasanya hanya mampu bertahan dua hari ketika digunakan untuk latihan. Sementara senar Li-Ning number seven dengan ketebalan 0,70 milimeter dapat bertahan sepekan saat digunakan berlatih.

BACA JUGA: PB Djarum Cari Bibit Atlet ke Tanah Manado

Soal harga juga berbeda. Senar Li-Ning number one dengan ketebalan 0,65 milimeter dibandrol harga Rp50 ribu sampai Rp70 ribu di pasaran. Sementara senar Li-Ning number seven dengan ketebalan 0,70 milimeter harga sekitar Rp100 ribu.

“Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung selera atlet. Untuk yang senar Li-Ning number seven dengan ketebalan 0,70 milimeter memang lebih tebal dan biasanya yang pakai itu atlet ganda,” ucapnya.

Di PB Djarum saat ini memiliki tiga string machine yang biasanya digunakan untuk nyenar raket. Ketiga string machine itu dua di antaranya memiliki merk Flypower. Sedangkan satu lainnya memiliki merk Li-Ning.

Selama nyenar raket, Gilang dibantu dua orang karyawan. Dalam sehari dia mampu menyenar 30 raket. Rekor terbanyak dalam sehari dia pernah nyenar 70 raket.

Untuk sekali nyenar raket, dia membutuhkan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit. Bersama dua rekannya dia nyenar setiap Senin hingga Sabtu dimulai pukul 07.00.

Selain dua jenis senar di atas, beberapa senar merk lain juga tersedia di PB Djarum store. Seperti senar Li-Ning number five 0,70 milimeter, senar Li-Ning LB 70 dengan ketebalan 07,0 milimeter, dan senar Li-Ning AP 64 dengan ketebalan 0,64 milimeter.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

 

Comments
Loading...