Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Anggaran Klinik Perbaikan Jalan di Jepara Hanya Rp 2,4 Miliar

Salah satu ruas jalan di Nalumsari Jepara, yang mengalami kerusakan paling parah. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Hampir di semua ruas jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara terdapat kerusakan. Baik berupa lubang kecil maupun besar.

Setiap tahun, pemerintah daerah selalu menyiapkan anggaran untuk klinik perbaikan jalan itu. Biasanya, pemerintah menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jepara.

Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jepara Teguh Arifianto menyebut, tahun ini pos klinik perbaikan jalan dianggarkan sebesar Rp 2,4 miliar.

Anggaran itu digunakan untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak selama setahun. Seperti untuk penambalan lubang jalan.

“Lewat anggaran klinik perbaikan jalan, itu kami cover ruas-ruas jalan kabupaten yang tidak tercover sumber-sumber lain. Ini sifatnya perbaikan mobile atau rutin,” kata Teguh, Kamis (28/10/2021).

Baca: Jalan Nalumsari Jepara Rusak Parah, Kapan Diperbaiki?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Jepara selalu mendapatkan kucuran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat. Atau bersumber dari Bantuan provinsi (Banprov).

Teguh menyebut, saat ini klinik perbaikan jalan yang sudah berjalan ada di lima ruas jalan. Pekan depan, pihaknya akan kembali menyisir sejumlah ruas jalan yang harus segera diperbaiki. Seperti di daerah Kecamatan Pecangaan, dan Kecamatan Kedung.

“Kami terus menyisir ruas-ruas jalan yang rusak. Terutama yang rusak parah,” jelas Teguh.

Ia tak menampik bahwa tak sedikit ruas jalan kabupaten yang sudah rusak dan mendesak diperbaiki. Ruas-ruas jalan yang paling parah mengalami kerusakan itu seperti di Kecamatan Nalumsari dan Kecamatan Mayong.

Pihaknya menambahkan, dua ruas jalan di wilayah Kecamatan Nalumsari dan Mayong memang menjadi prioritas tahun ini. Juga menjadi prioritas di tahun 2022 mendatang.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...