Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ini Modus Baru Kecurangan CPNS 2021

Ilustrasi Kecurangan CPNS
Ilustrasi Para pelamar CPNS Blora formasi tahun 2019 menjalani tes SKD. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah temukan modus baru kecurangan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Modus baru kecurangan CPNS itu adalah remote access.

Kecurangan ini ditemukan pada pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CASN atau CPNS di titil lokasi mandiri instansi Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Peserta mencoba merusak sistem dengan modus remote access.

Hal ini dibuktikan dengan hasil audit trail pada aplikasi CAT BKN terhadap aktivitas peserta seleksi selama pelaksanaan tes.

Berbeda dengan modus calo, remote access ini memungkinkan orang lain dari luar untuk mengakses komputer yang digunakan peserta SKD saat tes berlangsung. Orang itu kemudian membantu peserta untuk menyelesaikan soal-soal ujian SKD.

Selain itu, BKN juga melakukan kegiatan forensik digital pada perangkat yang digunakan, dan penyelidikan internal di Instansi Pemerintah Kabupaten Buol. Peserta yang terbukti curang akan langsung didiskualifikasi, sementara oknum yang membantu kecurangan akan diproses sesuai hukum.

Melansir dari CNN Indonesia, Kamis (28/10/2021) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebut indikasi kecurangan tersebut harus ditindak tegas dan dijatuhi sanksi.

“Kasus kecurangan ini harus diusut dan segera diselesaikan sesuai hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika terbukti, pelakunya juga harus mendapat hukuman setimpal,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...