Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dua Hari Ini Imigrasi Semarang Ngantor di Grobogan, Ini Sebabnya

Warga sedang memanfaatkan layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang di MPP Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Selama dua hari ini, Selasa-Rabu (26-27/10/2021) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang ngantor di Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Grobogan.

Bukan tanpa sebab, para petugas Imigrasi Semarang itu ngantor di Grobogan. Mereka membuka pelayanan khusus di tempat ini.

Hal ini sebagai bagian untuk memperingati hari Dharma Karyadhika yang jatuh pada 30 Oktober.

Selain itu, pembukaan layanan itu bertujuan untuk memudahkan serta mendekatkan diri kepada masyarakat agar mereka bisa mendapatkan pelayanan lebih cepat dan efisien dalam mengurus paspor.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada DPMPTSP Grobogan yang telah memfasilitasi pembukaan layanan di sini,” kata Kepala Sub Seksi Tekhnologi Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Raden Satrio Wibowo.

Melalui pelayanan di MPP ini, baik warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) bisa mengurus penggantian paspor maupun pembuatan paspor baru. Setelah menyerahkan berkas, mereka dapat mengikuti pengambilan data biometrik dan wawancara secara langsung di tempat.

“Untuk pengambilan paspor bisa diambil langsung ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Atau jika ingin dikirim melalui PT Pos bisa menghubungi call center 0247623144 atau melalui WhatsApp 08112785588,” jelasnya.

Baca: Avanza Diterjang Kereta di Grobogan, Tiga Orang Tewas

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang memberikan pelayanan paspor gratis bagi warga yang lahir pada tanggal 30 Oktober bersamaan dengan hari Dharma Karyadhika. “Tiga pemohon yang beruntung akan kami hubungi melalui dm akun Instagram @imigrasi.semarang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasubbag Umum DPMPTSP Grobogan Seto Sanjoyo menambahkan, pihaknya menyambut positif adanya pelayanan keimigrasian di MPP tersebut. Pasalnya, layanan tersebut sangat membantu warga yang belum berkesempatan untuk datang ke kantor imigrasi.

Pihaknya berharap kerja sama dalam pelayanan keimigrasian tersebut bisa terus berlanjut. Saat ini, pihak DPMPTSP Grobogan dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang sudah mencapai kesepakatan lisan.

Menurut Seto, apabila pengajuan sarana prasarana pada tahun anggaran 2022 disetujui maka akan ditindaklanjuti dengan MoU antara bupati Grobogan dengan pihak Dirjen Keimigrasian atau Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

“Dengan demikian, nantinya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang bisa melakukan pelayanan di sini setiap hari. Sehingga dapat mempermudah  urusan keimigrasian masyarakat Kabupaten Grobogan,” tambahnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...