Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kudus Bertekad Perbaiki Peringkat di Popda Jateng

Persiapan Popda
Atlet Tenis Meja Pelajar Kudus, mempersiapkan diri untuk mengikuti Popda Jateng 2021.(MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus– Kudus ingin memperbaiki posisi di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah. Kontingen Kudus tidak mau terperosok seperti di Popda virtual awal tahun.

Kontingen Kudus pada Popda Jateng yang digelar secara virtual terperosok di peringkat 26 dari 35 daerah di Jawa Tengah. Saat itu kontingen Kudus jauh tertinggal dari daerah eks-Karesidenan Pati lainnya.

Pada Popda Jateng 2021 yang digelar pada pada 7 sampai 10 April 2021 lalu, kontingen Kudus mengikuti lima dari delapan cabang olahraga. Yakni pencak silat, taekwondo, kempo, karate, dan wushu.

Sayangnya, kontingen Kudus saat itu hanya menyabet satu perunggu di cabang olahraga pencak silat. Torehan itu membuat kontingen Kudus terperosok di peringkat 26 se-Jawa Tengah.

Prestasi itu memprihatinkan karena Kudus tertinggal dari daerah eks Karesidenan Pati. Seperti Pati, Demak, Rembang, Blora, dan Grobogan. Posisi Kudus hanya lebih baik dari Jepara.

Saat itu Pati menjadi runner up di bawah Kota Semarang. Sedangkan Demak berada di peringkat 12. Diikuti Rembang di peringkat 15, Blora di peringkat 22, dan Grobogan di peringkat 24. Sementara Jepara di peringkat 31.

BACA JUGA: Lempar Lembing dan Cakram Tidak Dilombakan di Popda Jateng

Di Popda Jateng akhir tahun ini akan digelar normal (non virtual). Renacananya akan dilangsungkan November mendatang, dengan sepuluh cabor yang dipertandingkan. Terdiri dari bulutangkis, voli pantai, voli indoor, panahan, dan takraw. Lalu ada sepatu roda, petanque, tenis lapangan, tenis meja, dan atletik.

Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Olahraga (PPOR) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Widhoro Heriyanto, menyatakan kontingen Kudus harus bisa meraih posisi yang lebih baik. Meski begitu dia tidak mengatakan detail peringkat yang dipasang untuk skuad kontingen Kudus.

“Targetnya tidak bisa saya sebutkan. Tetapi yang jelas ingin lebih baik lagi daripada posisi 26 saat Popda virtual lalu,” katanya, Rabu (27/10/2021).

Widhoro melanjutkan, pihaknya yakin atlet-atlet Kudus dapat bermain maksimal. Terlebih menurutnya ada beberapa cabang olahraga yang bisa dioptimalkan.

“Anak-anak di cabor bulutangkis, voli indoor, dan petanque saya rasa bisa meraih hasil maksimal. Begitu juga dengan cabor lainnya,” ujarnya.

Dia berharap atlet-atlet Kudus dapat bermain maksimal. Sehingga bisa meraih medali.

“Harapan saya semua cabang olahraga bisa maksimal. Tetapi saya tidak mau membebani harus peringkat ini atau harus dapat medali ini. Karena Popda kan sifatnya pembinaan,” tambahnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...