Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Karya Perupa Jepara Dipamerkan di Taman Budaya Jateng

Pengunjung sedang menikmati karya-karya perupa Jepara di Taman Budaya Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Karya-karya seni rupa garapan perupa Jepara disuguhkan dalam Pameran Seni Rupa Jawa Tengah. Ini kali pertama karya-karya itu dipamerkan di luar kota setelah hampir dua tahun dikurung pandemi Covid-19.

Pameran seni rupa bertajuk “Menapaki Jejak Jalur Rempah Jawa Tengah” itu diikuti hampir semua kabupaten/kota se Jawa Tengah. Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara Kustam Eka Jalu, menyebut ada enam karya seni rupa yang dipamerkan.

Karya-karya itu antara lain, lukisan berjudul Wisik Jawi “Kalpataru” garapan Citra Dwi Kurniawan, lukisan berjudul Catatan Kaki karya Tino Setyono, Tataning Indriyo Ambukaning Jagad besutan Totok Sunarto, Satrio Tunggul Pamenang karya Deny Eko Yusnianto, Penjaga Pinggiran garapan Budi Karya, dan Lelah lukisan Taufiqur Rohman Choirunnas.

“Pameran ini kami yakini akan menjadi pemantik semangat buat kawan-kawan perupa Jepara. terutama setelah sekian lama karya-karyanya tak bisa dipamerkan seperti ini,” kata Kustam, Selasa (25/10/2021).

Kustam berharap, pameran ini memang menjadi angin segar bagi gelaran-gelaran semacam itu yang nantinya bisa dilaksanakan di Kota Ukir. Sebab, sampai saat ini pameran-pameran karya seni di Jepara masih belum banyak dilaksanakan secara terbuka atau masih terbatas.

Baca: Sejarah Museum RA Kartini Jepara dari Masa Ke Masa

Kustam berharap, pemerintah daerah memberikan kelonggaran lebih bagi kegiatan-kegiatan kesenian atau kebudayaan. Sehingga, karya-karya seniman atau budayawan Bumi Kartini bisa tersaji bagi masyarakat luas.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi, sangat mendukung pameran-pameran karya seni ciptaan seniman dan budayawan Jepara. Andi berharap akan muncul karya-karya baru tentang khazanah Jepara. Sehingga, orang-orang luar Jepara bisa memahami Bumi Kartini dari karya-karya agung para seniman.

“Melalui DKD Jepara, saya berharap karya-karya besar tentang Jepara bisa tercipta. Dan disuguhkan bagi semua orang. Banyak kearifan dan khazanah yang bisa diilustrasikan dalam karya lukisan atau karya-karya lainnya,” ujar Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...