Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Targetkan Kembali ke Level 2 Akhir Oktober, Jepara Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Posisi Kabupaten Jepara untuk level PPKM merosot kembali ke Level 3 setelah sebelumnya berada di level 2. Hal ini terjadi setelah Jepara dinilai tidak bisa mencapai target seperti yang diharapkan terkait kegiatan vaksinasi Covid-19.

Untuk kembali ke Level 2, Jepara harus bisa mencapai target vaksinasi (dosis 1) minimal 50 persen dan vaksinasi pada lansia (dosis 1) minimal 40 persen. Sementara untuk mencapai level 1, mensyaratkan total vaksinasi (dosis 1) minimal 70 persen, dan capaian vaksinasi Lansia (dosis 1) minimal 60 persen.

Di Kabupaten Jepara sendiri berdasarkan data di Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, capaian total dosis 1 sampai 13 Oktober lalu, mencapai 315.286 orang. Jumlah ini baru mencapai 34,18 persen dari seluruh target sasaran sebanyak 922.450 orang.

Sedangkan untuk vaksinasi lansia, baru mencapai 18.110 orang atau 18,25 persen dari jumlah total target sebesar 99.211 orang. Sementara lainnya, vaksinasi terhadap petugas public mencapai 89.832 orang (121,36 %), masyarakat rentan dan umum sebanyak 194.027 (30,69%), serta tenaga kesehatan sebanyak 6.611 orang (158,23%).

“Untuk mencapai target 50% dosis 1 total sasaran, maka masih kurang 145.938 dosis/orang yang harus diberikan. Dengan rata-rata pelayanan 5.000 dosis/hari, maka target cakupan 50% itu baru akan dicapai dalam 37 hari,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, Moh Ali, baru-baru ini.

Untuk itu, dalam upaya mencapai level 2 kembali, Kabupaten Jepara memerlukan upaya akselerasi. Caranya adalah dengan nelakukan penambahan volume pelayanan dan mengarah sasaran prioritas yang spesifik. Antara lain anak usi sekolah atau santri Ponpes dan masyarakat umum.

BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 Kalangan Lansia Jepara Terus Dipacu

Skenario akselerasi atau percepatan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Jepara, disebutkan akan dilakukan peningkatan volume pelayanannya. Saat ini di Jepara ada 130 Fasilitas Kesehatan, dan 60 diantaranya mampu memberikan pelayanan vaksin covid-19.

Rinciannya ada 6 RS, 22 Puskesmas, 29 klinik swasta, 1 klinik KKP, 1 klinik Polres dan 1 klinik TNI. Fasilitas Kesehatan ini akan dilakukan peningkatan dalam pelayanan vaksinasinya setiap harinya.

“Jadi target hariannya akan kami tingkatkan. Puskesmas akan kami target bisa memberikan vaksin antara 300 sampai 400 dosis setiap hari. Rumah sakit 200 sampai 300 dosis sehari, dan klinik kesehatan yang ada diharapkan bisa mencapai 150 dosis per hari. Skenarionya seperti itu,” jelas Moh Ali.

Dengan scenario seperti itu, Jepara diharapkan mampu mencapai capaian vaksinasi rata-rata 11 ribu dosis setiap harinya. Sehingga pada akhir Oktober nanti target cakupan sebesar 50% dosis 1 sidaj bisa dicapai.

Sementara itu, Kepala DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) Jepara, Mundrikatun menyatakan, target Jepara untuk bisa kembali ke Level 2 akan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Pemkab Jepara dalam hal ini tentu membutuhkan dukungan dari masyarakat.

Ada banyak hal yang harus dihadapi terkait upaya pencapaian target agar bisa kembali ke level 2. Diantaranya adalah masalah tingkat partisipasi masyarakat dalam program ini. Khususnya di kalangan lansia, banyak kendala yang dihadapi.

Masalah ini juga sudah disampaikan untuk bisa mendapatkan jalan keluar. Dalam hal ini Pemkab kembali menegaskan peran penting tokoh masyarakat, tokoh agama dan lembaga-lembaga yang ada di masyarakat untuk ikut mensosialisasikan program vaksinasi covid-19 ini.

“Khususnya di kalangan Lansia, kami berharap sasaran yang sudah ditetapkan bisa kita jangkau. Kami berharap, sosialisasi atau ajakan untuk melakukan vaksin covid-19 bagi Lansia bisa dilakukan disemua tingkatan. Ajaklah para Lansia di lingkungan masing-masing untuk bersedia melakukan vaksinasi,” ujar Mundrakatun, dalam kesempatan berbeda.

Di Kabupaten Jepara sendiri sampai 13 Oktober 2021 lalu, masih memiliki stok vaksin sebanyak 30.031 dosis. Jumlah ini masih kurang sebanyak 115.908 dosis untuk bisa mencapai target capaian agar bisa kembali ke Level 2.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...