Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

INFO PAPUA

Pesawat Smart Air Kecelakaan di Bandara Ilaga Papua

Kecelakaan pesawat Smart Air di Papua. (Dok. Detikcom)

MURIANEWS, Puncak – Kecelakaan pesawat milik Smart Air terjadi di Bandara Aminggaru Ilaga, Senin (25/10/2021), Kabupaten Puncak, Papua. Peristiwa itu menewaskan Kapten Pilot R Kurtadi. Sementara co-pilot masih dalam perawatan di puskesmas setempat karena luka-luka.

Pesawat kargo perintis jenis Caravan itu mulanya terbang dari Bandara Moses Kilangin Timika ke Bandara Aminggaru Ilaga. Pesawat hanya membawa barang dengan diterbangkan pilot dan co-pilot saja.

Perwakilan KNKT Papua Norbert Tuayanna mengatakan kecelakaan itu diduga karena adanya kabut di landasan bandara saat pesawat akan mendarat. Karena terhalang kabut, pesawat menabrak landasan sekitar pukul 07.30 WIT.

Baca juga: Pesawat Jatuh di Tambak Demak

“Ditengarai adanya kabut di ujung run way (landasan). Pesawat landing dengan approach yang terlalu rendah. Pesawat sedang ini dalam evakuasi karena block runway,” katanya, mengutip dari Detikcom, Senin (25/10/2021).

Sesaat setelah kecelakaan, pilot R Kurtadi awalnya ditemukan dalam kondisi pingsan dan kemudian sempat siuman. Tetapi berapa saat kemudian meninggal dunia. Sementara itu copilot mengalami luka-luka dan masih dirawat di puskesmas setempat.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...