Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Selain Covid, TBC Juga Ancam Kehidupan Warga Pati

Bupati Pati Haryanto memberikan dalam pelantikan PPTI. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Semakin tingginya kasus tuberkulosis atau yang dikenal dengan TBC di Kabupaten Pati, patut diwaspadai. Apalagi, penyakit tersebut sangat rentan menular kepada orang lain.

Karena itu, Bupati Pati Haryanto pun meminta kepada masyarakat agar berhati-hati. Ia mengakui, gaungnya tidak seperti Covid-19 yang cepat sekali menyebar. Namun, TBC juga mempunyai dampak buruk.

“Sering kali penyakit TBC ini diabaikan, padahal juga bisa menular. Tetapi memang proses penularannya tidak secepat virus corona. Meskipun demikian, ini (TBC) juga patut di waspadai,” kata usai mengikuti prosesi pelantikan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) di Pendapa Kabupaten Pati, Senin (25/10/2021).

Menurutnya, membiasakan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi kunci agar masyarakat tidak mudah tertular TBC. Sekali pun ini sederhana, tetapi harus dilakukan sengan baik.

Baca: 409 Orang di Pati Terserang TBC, Pemerintah Bentuk Lembaga Ini

Apalagi pertumbuhan bakteri penyebab TBC ini sering berkembang biak di lingkungan yang kumuh dan kotor.

“Meskipun saat ini kita masih dibayangi dengan Covid-19, tapi jangan sampai lengah pula dengan TBC, karena ini juga berbahaya. Setidaknya kita bisa menerapkan PHBS di lingkungan masing-masing,” imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi dengan adanya organisasi sosial seperti PPTI yang inten menyoroti tuberkulosis. Tidak hanya mencatat kasus, tetapi juga aktif melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat untuk pencegahan tuberkulosis.

“Kami selalu mendukung program yang bisa membantu pemerintah dan bermanfaat bagi masyarakat. Mudah-mudahan tidak hanya sebuah nama organisasi, tetapi benar-benar melakukan aksi nyata untuk menanggulangi TBC ini. Covid tertangani, TBC juga tertangani. Muaranya adalah agar kita menjalankan pola hidup sehat,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...