Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

30 Kali Gempa Guncang Salatiga dalam 33 Jam

Ilustrasi

MURIANEWS, Salatiga – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geoisika (BMKG) mencatat gempa yang berpusat di wailayah Salatiga telah terjadi sebanyak 30 kali dalam beberapa jam terakhir.

Gempa kali pertama terjadi pada Sabtu 23 Oktober pukul 00.32.05 WIB, dan hingga pukul 09.00 WIB Minggu (24/10/2021) terjadi 29 kali gempa susulan. Sehingga dalam waktu 33 jam telah terjadi 30 kali gempa.

”Sampai pukul 09.00 WIB ada 29 kali gempa susulan. Jadi kalau ditotal ada 30 even gempa bumi,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie, dikutip dari Detik.com.

Distribusi episenter pascagempa di Salatiga menyebar di beberapa titik, yakni terklaster dilalui sesar Merapi-Merbabu, Telomoyo dan Rawa Pening.

Baca: Gempa Darat Guncang Salatiga, BMKG: Dipicu Sesar Merbabu, Merapi, dan Telomoyo

Meski demikia, pihaknya mengimbau agar warga tak panik. Masyarakat juga diingatkan untuk tidak percaya dengan informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan.

“Masyarakat Salatiga dan sekitarnya silahkan aktivitas seperti biasa. Tetapi tetap menaati protokol kesehatan untuk pencegahan Covid19. Kalau membutuhkan informasi silahkan mendatangi kantor BMKG terdekat, jangan mudah percaya dengan informasi hoaks,” imbaunya.

Diberitakan sebelumnya, gempa pertama terjadi di Kota Salatiga dengan magnitudo 3,0 pada jarak 13 km arah Barat laut Kota Salatiga.

Episenter gempa ini terletak pada koordinat 7,296 LS dan 110,38568 BT, tepatnya di darat dengan kedalaman hiposenter 6 km.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...