Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Personel Kantor SAR Semarang Digembleng Cara Evakuasi Korban Reruntuhan

Personel Kantor SAR Semarang melangsungkan pelatihan URBAN SAR (dok/Kantor SAR Semarang)

MURIANEWS, Semarang – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang menggelar latihan pencarian dan pertolongan di bangunan runtuh (Urban SAR). Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, sejak Kamis sampai Sabtu (23/10/21) bertempat di area gedung siaga SAR Gondorio, Kota Semarang.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengungkapkan, kegiatan ini diikuti oleh 30 personel Kantor SAR Semarang dari 3 pos. Yaitu, pos SAR Jepara, Surakarta, Wonosobo dan 1 unit siaga Borobudur.

“Latihan tersebut difokuskan pada evakuasi korban dibangunan runtuh dimana sering terjadi di wilayah perkotaan,” jelasnya.

Adapun materi yang dipraktekkan antara lain, Search Cam, Breaching, Breaking, Shoring dan Evakuasi. Kegiatan latihan Urban SAR bertujuan meningkatkan kesiapan alat tetap laik dioperasikan dan kesiapsiagaan personil untuk kerja tim dalam menghadapi musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor SAR Semarang.

Apalagi saat ini sudah terdeteksi area gempa baru yang menyasar dari Surabaya hingga ke Semarang yang dikenal dengan sesar Kendeng. Dengan adanya sesar tersebut mutlak kantor SAR Semarang harus mempersiapkan personelnya sebaik mungkin untuk mengantisipasi hal-hal terburuk sesuai dengan tugas Basarnas yang diamanahkan dalam UU No. 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...