Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di El-Clasico, Beberapa Kali Barcelona Menang Skor Besar

El-Clasico Liga Spanyol merupakan salah satu pertandingan besar. Barcelona beberapa kali bisa memang dengan skor besar atas Madrid. Namun kali ini, nampaknya sulit terjadi. (facebook.com/LaLiga)

MURIANEWS, Barcelona- Dalam sejarah El-Clasico, Tim FC Barcelona pernah meraih kemenangan dengan skor besar atas seteru abadinya Real Madrid. Kemenangan dengan margin 5 gol beberapa kali pernah mereka lakukan terhadap Real Madrid.

Dikutip Mundo Deportivo, Barcelona pernah mencatat kemenangan 7-2 dari Madrid pada musim 1950-1951. Pertandingan itu dimainkan di Les Corts pada 24 September 1950, sebelum Laszi Kubala dan Alfredo di Stéfano secara resmi memulai debutnya di sepak bola Spanyol.

Sebenarnya, pada tanggal tersebut Kubala sudah menjadi pemain Barça. Namun legenda Barcelona ini, tidak dapat mengikuti kompetisi hingga April 1951 karena berbagai kendala birokrasi.

Dalam El Clasico Edisi 1950 itu, Nicolau dan Marcos Aurelio mencetak dua gol untuk Barca asuhan Fernando Daucik , serta César, Gonzalvo III dan Basor. Sedangkan Molowny dan González melakukannya untuk Real Madrid.

‘Pukulan’ Barcelona pada Real Madrid juga terjadi pada 19 Mei 1957, dengan skor akhir 6-1. Catatan ini terjadi pada Piala Generalissimo. Barca yang dilatih oleh Domingo Balmanya , melaju ke semifinal dengan empat gol dari Eulogio Martínez ditambah gol Kubala dan Villaverde.

BACA JUGA: Ritual Pemain Madrid Sebelum Menghadapi Barcelona

Madrid pada pertandingan itu sudah diperkuat Alfredo Di Stefano, dengan pelatih José Villalonga. Satu gol Madrid pada pertandingan itu bahkan merupakan gol bunuh diri pemain Barcelona, Olivella.

Sebelumnya, Barcelona juga pernah menang dengan skor 5-0 atas Madrid, pada 21 April 1935. Kemudian pada 25 Maret 1945, Barcelona juga mengalahkan Real Madrid dengan skor 5-0 di pekan ke-21 Liga Spanyol musim 1944-1945.

Pada 17 Februari 1974, dengan Rinus Michels di bangku cadangan dan Johan Cruyff di lapangan, Barca membuat kemenangan ikonik 5-0 atas Madrid. Cruyff mencetak 1 gol, Asensi (dua gol), Juan Carlos dan ‘Cholo’ Sotil masing-masing satu gol.

Kemenangan 5-0 lain yang banyak dikenang terjadi di Camp Nou pada 8 Januari 1994 . Itu dicapai oleh Barça asuhan Johan Cruyff. Ini adalah malam besar Romario, yang berhasil mencetak hattrick. Sementara dua gol lainnya dicetak Ronald Koeman dan Iván Iglesias.

Skor 5-0 lainnya adalah saat Barca dilatih Pep Guardiola menghadapi Real Madrid dibawah José Mourinho. Pertandingan itu terjadi pada tanggal 29 November 2010, dengan Xavi, Pedro, Jefren dan Villa (dua gol) memenangkan timnya.

Sebelumnya, Barcelona juga pernah memenangkan El-Clasico dengan skor 6-2 pada 2 Mei 2009 di Stadion Santiago Bernabeau. Barcelona dibawa Pep Guardiola menang dengan gol yang dicetak Carles Puyol , Leo Messi (2 gol) , Thierry Henry (2 gol) dan Gerard Piqué.

28 Oktober 2018, Barcelona juga menang 5-1, saat mereka dibawah pelatih Ernesto Valverde. Saat itu Leo Messi tidak bisa bermain lantaran masih mengalami cidera. Namun Luis Suárez dengan hatricknya, lalu gol Philippe Coutinho dan Arturo Vidal meninggalkan Real Madrid yang mencetak satu gol melalui gol Marcelo.
Musi mini, Barcelona akan menjamu Real Madrid di El-Clasico edisi pertama musim ini. Kondisi Barcelona yang masih dalam masa transisi sejak ditinggal Messi, nampaknya hanya bisa menjadikan momen-momen itu sebagai penyemangat.

Mengalahkan Real Madrid, masih mungkin bisa dilakukan mereka di Cam Nou. Namun untuk menang dengan skor telak, Barcelona harus tau diri dulu, mengingat bagaimana preforma mereka sejauh ini.

 

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Mundo Deportivo

Comments
Loading...