Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UMK Gelar Kuliah Tatap Muka, Wajib PeduliLindungi

Mahasiswa UMK melakukan scan barcode PeduliLindungi sebelum masuk ke area kampus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) mulai menggelar perkuliahan tatap muka. Kewajiban untuk scan barcode aplikasi PeduliLindungi saat masuk ke setiap gedung juga diterapkan di kampus swasta itu.

Rektor UMK Prof Darsono mengatakan, perkuliahan tatap muka di kampus sifatnya masih dilakukan secara terbatas. Sementara waktu, perkuliahan tatap muka diberlakukan untuk mata kuliah yang bersifat praktikum dengan kapasitas ruangan maksimal 50 persen.

“Begitu juga dengan jam perkuliahan kami kurangi. Mahasiswa pun harus minimalnya juga sudah divaksin pertama dan mendapatkan izin orang tua. Jika belum divaksin dan ingin tatap muka, mereka harus membuat surat pernyataan alasan kenapa belum divaksin,” katanya, Sabtu (23/10/2021).

Dalam pelaksanaanya, pihaknya juga telah menyiapkan satgas khusus Covid-19 yang bertugas memantau dan memonitoring segala aktivitas yang ada di kampus. Selain itu scan barcode aplikasi PeduliLindungi juga diharuskan bagi mahasiswa, dosen, karyawan, dan seluruh civitas akademika UMK.

“Setiap gedung kami beri barcode PeduliLindungi. Sehingga memudahkan dalam memantau mobilitas dan pendataan berapa orang yang ada di dalam gedung. Kami pikir cara itu akan lebih efisien untuk melakukan pembatasan,” ujarnya.

Baca: BEM UMK Minta Maaf soal Postingan Logo Kampus Tersobek

Secara berkala, sambung dia, pihak rektorat dan satgas Covid-19 kampus akan mengevaluasi penerapan perkulihan tatap muka. Sementara untuk perkuliahan nonpraktikum dan mahasiswa yang belum bisa mengikuti perkuliahan tatap muka akan tetap menggunakan metode daring.

“Jadi kami sistemnya masih ada yang daring, istilahnya sistem blended learning. Dan tentunya kami akan mengevaluasinya secara berkala,” ucapnya.

Sementara sampai saat ini, jumlah keseluruhan mahasiswa UMK berkisar antara 12.000 orang. Mereka terdiri dari mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...