Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sukmawati Sudah Dapatkan Izin dari Keluarga Sebelum Putuskan Pindah Agama

Sukmawati Soekarnoputri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

MURIANEWS, Jakarta – Putri Presiden Pertama RI, Sukmawati Soekarnoputri telah pindah agama dari Islam ke Hindu. Upacara prosesi pindah agama atau Sudhi Wadani rencananya dilakukan pada Selasa (26/10/2021) di Bali.

Ketua The Soekarno Center, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyana atau Arya Wedakarna mengatakan sebelum memutuskan memeluk agama Hindu, Sukmawati sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan keluarganya.

Menurutnya, pihak keluarga Sukmawati sudah menyetujui rencana peralihan agama itu.

“Putra-putri beliau ada tiga orang kan. Mendapat persetujuan juga dari kakak dan adik putri Bung Karno yang lain seperti Ibu Mega, Ibu Rahma almarhum, Bapak Guntur, dan Bapak Guruh,” kata dia, dikutip dari Detikcom, Sabtu (23/10/2021).

“Jadi semuanya sudah setuju. Itu urusan beliau untuk minta izin. Karena kan salah satu syarat dari Sudhi Wadani ini adalah ada izin dari keluarga,” papar Arya Wedakarna.

 

Arya Wedakarna mengatakan, Sukmawati memeluk agama Islam sejak lahir, termasuk suaminya. Kepindahan Sukmawati Soekarnoputri ke pangkuan dharma yakni bermaksud untuk kembali ke pangkuan neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

“Dulu nenek beliau kan ada yang Hindu begitu kan. Jadi kembali ke pangkuan Hindu Dharma, jadi justru beliau yang menyarankan. Tokoh-tokoh Bali juga menyarankan jadi untuk menjaga kebinekaan kita,” jelas Wedakarna.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...