Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sukmawati Pindah Agama Islam ke Hindu

Sukmawati (Istimewa/Net)

MURIANEWS, Jakarta – Sukmawati Soekarnoputri, Putri Presiden Pertama RI pindah agama dari Islam ke Hindu. Perpindahan itu diungkapkan The Soekarno Center. Rencananya, upacara perpindahan agama itu dilakukan di Bali.

Penanggungjawab upacara Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyana mengatakan persiapan sudah dilakukan cukup lama. Rencananya, acara upacara itu dilakukan pada Selasa (26/10/2021).

“Ya sudah disiapkan cukup lama, ya nanti tanggal 26 Oktober minggu depan acara Sudhi Wadani-nya, tempatnya di Balai Agung di Singaraja,” kata Arya Wrdakarna dikutip dari Detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Soal Puisi Azan Gus Mus, Ganjar : Saya Senang Dia Mengakui Kedunguannya

Balai Agung Singaraja dipilih karena perintah langsung dari Sukmawati. Menurutnya, tempat itu ada kaitannya dengan nenek Sukmawati, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

“Dan kami dari The Soekarno Center diminta untuk menyiapkan acara di Bali. Ya untuk sesajen, untuk ritual, untuk resepsi, semuanya disiapkan dan sudah confirm acaranya,” jelas Arya Wedakarna.

Wedakarna yang juga Ketua The Soekarno Center itu mengatakan Sukmawati pindah ke pangkuan dharma kemungkinan karena Bali. Menurutnya, selama 19 tahun mendampingi di Partai Nasional Indonesia (PNI) dan The Soekarno Center, Sukmawati lebih banyak datang ke pura dan mengikuti acara Hindu serta suka berdiskusi dengan para pemangku maupun pendeta.

“Jadi menurut saya, itu pilihan beliau ya, jadi kalau alasan yang paling utama kan tentu beliau yang tahu. Jadi kami tidak masuk ke wilayah itu. Kami diminta menyiapkan acara untuk putri proklamator dan kami siapakan semuanya,” jelasnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...