Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

METRO JATENG

Ganjar Jajaki Bus Listrik untuk Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo mencoba motor listrik buatan Viar Jateng. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menjajaki untuk mendatangkan bus listrik guna mendukung transportasi umum. Penjajakan dilakukan kepada sejumlah penyedia bus listrik.

Hal ini ditegaskan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau pabrik dan serah terima kendaraan listrik buatan Viar Jawa Tengah, di Kawasan Industri BSB, Mijen, Jumat (22/10/2021).

“Yang kita mau dorong itu mobil. Termasuk di Dinas Perhubungan kita itu bus. Kita sudah penjajakan dengan beberapa penyedia bus listrik,” katanya.

Jika hal ini bisa terealisasi nantinya bus-bus kota termasuk bus Trans Jateng yang telah membuka beberapa koridor di Jateng bisa diganti bus listrik tersebut. Sehingga bisa lebih hemat energi.

Pihaknya juga mendorong industri-industri segera melakukan riset dan pengembangan mobil listrik.

Dalam kesempatan itu, Ganjar melepas ribuan motor listrik buatan Viar di Jateng yang digunakan untuk para driver Grab. Ganjar mengapresiasi langkah transformasi bahan bakar fosil ke listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Ini bagian dari spirit bagaimana mentransformasikan motor yang berbahan bakar fosil pindah ke listrik,” tegas Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar yang juga didampingi perwakilan dari Kementerian ESDM tersebut juga mengingatkan agar persiapan transformasi ini dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait pengelolaan limbah baterainya.

“Nah kita harapkan bagaimana cara me-recycle yang aman yang tidak membuat limbah B3 dan seterusnya ternyata sudah dipikirkan semua dan sekarang sistemnya sedang dikembangkan, nanti ada semacam tempat untuk riset and development berkaitan dengan baterainya,” ujar Ganjar.

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...