Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kasus Covid-19 di Jepara Terkendali, Prokes Tak Boleh Kendor

Bupati Jepara Dian Kristiandi saat ngobrol dengan salah satu warga yang ikut vaksinasi di halaman Setda Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Dalam sebulan terakhir, kasus Covid-19 di Kota Ukir memang menunjukkan tren penurunan. Namun demikian, kondisi itu tak lantas membuat masyarakat bisa abai dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi kembali menebar optimisme untuk menyudahi pandemi Covid-19. Andi memantau kasus Covid-19 di Jepara terus menurun.

Hingga saat ini tinggal menyisakan 28 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan pasien yang dirawat di rumah sakit tinggal dua orang.

Yakni di RSUD RA Kartini dan di rumah sakit luar daerah. Namun demikian, bukan berarti masyarakat bisa kendor terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Saya akui, hampir seluruh masyarakat sudah merasa bosan. Tapi ketika kita mengalami rasa bosan itu, saya khawatir akan menjadi sebuah kelemahan kita untuk mudah diserang Covid-19,” kata Andi, Jumat (22/10/2021).

Untuk itu, tidak ada pilihan lain selain disiplin menjalankan prokes. Terlebih, menjadikan prokes sebagai bagian kehidupan sehari-hari terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Di samping itu, pemerintah juga terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kondisi tersebut akan berlangsung sampai penanganan Covid-19 dianggap betul-betul terkendali.

“Covid-19 tidak akan hilang begitu saja dalam waktu cepat, tetapi akan menjadi endemi. Namun kita harus yakin untuk melewatinya,” terangnya.

Selain pengetatan prokes, bupati juga terus berupaya menggenjot terbentuknya kekebalan komunal di masyarakat. Targetnya, hingga akhir bulan ini vaksinasi Covid-19 bisa tembus 50 persen.

“Sepanjang belum tercapai pasti akan terganggu. Saya minta tolong semua pihak untuk gotongroyong melakukan vaksiani dengan sebaik-baiknya,” pungkas Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...