Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hartopo Apresiasi Festival UMKM di Hari Santri

Bupati Kudus HM Hartopo produk UMKM di Festival UMKM. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo berkunjung di festival UMKM yang digelari di B&P Kampung Kuto, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jumat (22/10/2021). Festival ini digelar untuk memeringati Hari Santri dan Maulid Nabi.

Dari pantauan MURIANEWS, orang nomor satu di Kota Kretek itu berkeliling bersama unsur forkopimda lain. Nampak, satu persatu UMKM yang menjajakkan produknya didatangi. Mereka diberi semangat agar terus bisa mengembangkan usahanya.

Hartopo mengatakan, sangat mengapresiasi adanya gelaran festival UMKM di Kudus. Apalagi, festival UMKM tersebut menurutnya bisa memberdayakan UMKM di tengah pandemi.

“Pemberdayaan UMKM seperti ini sangat bagus, ini bisa jadi salah satu cara untuk memulihkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Baca: Festival UMKM Meriahkan Hari Santri di Kudus

Ketika UMKM di Kota Kretek terus berkembang, sambung Hartopo, otomatis nantinya juga akan menjadi suatu lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. Pemkab Kudus juga sanggup untuk memberikan sejumlah pelatihan untuk pendampingan.

“Kemandirian UMKM seperti ini, harus terus dijaga dan dikembangkan. Sehingga bisa memberikan ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke Kudus dengan kuliner hingga souvenir lokal yang hanya bisa didapatkan di Kudus,” ucapnya.

Diketahui, memperingati Hari Santri Nasional 2021, Festival Asosiasi UMKM Gusjigang digelar di B&P Kampung Kuto, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Festival UMKM itu, akan digelar selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (22-24/10/2021).

Dari pantauan MURIANEWS, sedikitnya ada 50 UMKM menjajakkan dagangannya di tempat tersebut. Di sana ada UMKM berbagai macam produksi, mulai sirup parijoto, kopi, minuman tradisional, tanaman, es gabus hingga pakaian.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...