Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Festival UMKM Meriahkan Hari Santri di Kudus

Festival UMKM yang digelar dalam rangka Hari Santri 2021. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Memperingati Hari Santri Nasional 2021, Festival Asosiasi UMKM Gusjigang digelar di B&P Kampung Kuto, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Festival UMKM itu, akan digelar selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (22-24/10/2021).

Dari pantauan MURIANEWS, puluhan UMKM  menjajakkan dagangannya di tempat tersebut. Di sana ada UMKM berbagai macam produk, mulai sirup parijoto, kopi, minuman tradisional, tanaman, es gabus hingga pakaian.

Ketua panitia Festival UMKM Gusjigang Murtono mengatakan, festival  itu bertujuan agar UMKM yang berada di bawah naungan asosiasi UMKM Gusjigang bisa kembali berkembang. Sehingga, otomatis perekonomian para pemilik UMKM bisa terangkat.

“Kami gelar ini dalam rangka Hari Santri Nasional 2021. Di era new normal ini kami ingin perkenomian di UMKM bisa kembali meningkat,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Ia menjelaskan, festival tersebut sebenarnya banyak diminati UMKM. Hanya saja, kondisi saat ini memang diharuskan untuk memberikan sejumlah pembatasan.

“Banyak yang daftar sebenarnya, anggota kami ada 111 UMKM. Tapi memang kali ini, kami batasi dulu dan ini hanya ada 50 UMKM,” ujarnya.

Baca: Jihad Melawan Pandemi Dikumandangkan di Hari Santri

Festival seperti ini, sambung dia, rencananya akan berkesinambungan yang akan berjalan minimalnya satu bulan sekali.

Sementara salah satu peserta Festival UMKM Triyanto sangat antusias mengikuti festifal atau ekspo UMKM itu. Pasalnya, momen festival seperti ini memang ditunggu-tunggu para pegiat UMKM untuk memperkenalkan produknya.

Dirinya sendiri, menjajakkan aneka produk olahan buah parijoto asli Muria. Seperti Sirup Parijoto, kripik parijoto, permen parijoto, hingga teh parijoto.

“Lewat kegiatan seperti ini, masyarakat akan semakin kenal dengan produk kita. Dan otomatis, juga akan bisa mendongkrak penghasilan UMKM. Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...