Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Berikut Deretan Sanksi Komdis PSSI Untuk PSG Pati

Moment saat pemain PSG Pati menerima kartu merah dalam pertandingan Liga 2 melawan Persijap Jepara. (MURIANEWS/istimewa)

MURIANEWS, Pati- Komisi Disiplin (Komdis) PSSI mengeluarkan banyak keputusan selama berlangsungnya Liga 1 dan 2 2021. Keputusan berupa sanksi tersebut ditujukan kepada tim maupun individu.

Salah satu pihak yang menerima sanksi ini adalah Tim Putra Safin Grup (PSG) Pati yang berlaga di Kompetisi Liga 2. Komdis PSSI sudah memetakan bentuk pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh tim berjuluk ‘Java Army’ tersebut.

Pertama adalah ketika PSG Pati bermain melawan PSCS Cilacap pada Senin (4/10/2021) lalu. Jenis pelanggaran yang diterima oleh tim milik Atta Halilintar dan Putra Siregar itu adalah karena bertingkah laku buruk, yakni terlambat dalam menjalani kick-off pertandingan.

Keterlambatan PSG Pati pada pertandingan itu dinilai sebagai sebuah bentuk pelanggaran. Terhadap pelanggaran ini, Komdis PSSI memberikan sanksi kepada PSG Pati berupa denda sebesar Rp30 juta.

Komdis PSSI juga memberikan sanksi kepada pemain PSG Pati yang dinilai melanggar aturan. Dua pemain sekaligus dinyatakan melakukan pelanggaran, saat bermain melawan Persijap Jepara pada Senin (11/10/2021) lalu.

BACA JUGA: Kena Sanksi Komdis PSSI, PSG Pati Bakal Banding

Sanksi pertama diberikan kepada Heri Setiawan yang dinilai mempunyai tingkah laku buruk saat bermain. Pemain belakang PSG pati itu, dinilai melanggar aturan fairplay. Selain itu, pemain ini juga dinilai melakukan kontak keras dengan perangkat pertandingan.

Terhadap pelanggaran ini, Heri Setiawan akhirnya mendapatkan saksi berat dari Komdis PSSI. Pemain PSG Pati ini dilarang beraktivitas dilapangan sepak bola selama 6 bulan dan denda sebesar Rp50 juta.

Saksi untuk pemain PSG, yang kedua diterima oleh Nurhidayat. Komdis menyatakan, saat bertanding dengan Persijap Jepara, pemain tersebut mempunyai tingkah laku buruk. Bentuk pelanggaran yang dilakukan adalah melanggar fairplay dan menyikut pemain lawan.

Terhadap kesalahan ini, pemain belakang PSG Pati dengan nomor punggung 32 itu diganjar larangan bermain selama tiga pertandingan dan denda sebesar Rp3 juta.

Pemain ketiga PSG Pati yang juga harus mananggung sanksi dari Komdis PSSI adalah Saiful Indra Cahya. Pemain ini dinilai melakukan gerakan tambahan dengan menyikut pemain lawan, saat PSG vs Persijap Jepara.

Pada pertandingan itu, wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Indra Cahya. Namun, Komdis PSSI kemudian memberikan saksi lain berupa larangan tampil di 4 pertandingan, dan denda sebesar Rp10 juta.

“Sanksi kepada Indra Cahya ini baru kami terima Rabu malam (20/10/2021). Ini juga terbilang aneh. Bagaimana mungkin, dalam satu pertandingan yang sama, namun waktu diputuskannya sanksi bisa berbeda. Dan juga kalau dilihat dari videonya, Saiful tidak pantas dihukum sampai empat laga,” terang COO (Chief Operating Officer) PSG Pati Divo Sashendra, Kamis (21/10/2021).

Terhadap sanksi dari Komdis PSSI Ini, manajemen PSG Pati menyatakan akan melakukan banding. Langkah banding tersebut akan ditembuh untuk putusan yang diterimakan pada Saiful Indra Cahya dan Heri Setiawan.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Budi erje

Comments
Loading...