Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

INFO SUMUT

23 Kg Sabu Siap Edar Diamankan Polisi, 8 Orang di Medan Ditangkap

Polresta Medan menggelar konferensi pers kasus narkoba di Polrestabes Medan (Datuk/detikcom)

MURIANEWS, Medan – Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, Polrestabes Medan tengah mengamankan delapan orang terkait kasus narkoba di wilayah hukumnya.

Dari delapan tersangka tersebut, 23 kilogram sabu siap edar berhasil diamankan. Saat ini petugas masih melakukan penyelidikan dan pengembangan kasus untuk mengungkap jaringan narkotika yang ada.

Kapolrestabes Medan, Kombes Riko Sunarko menjelaskan, delapan tersangka tersebut berasal dari enam laporan yang berbeda namun saling berkaitan.

Baca: Peredaran Sabu-Sabu 2 Kg di Pasuruan Digagalkan

“Dari enam laporan ini perlu kami informasikan bahwa kita berhasil mengamankan delapan orang tersangka. Tujuh laki-laki, satu perempuan,” katanya seperti dikutip Detik.com, Rabu (20/10/2021).

Riko mengatakan penangkapan delapan orang itu dilakukan dalam waktu berbeda. Dia mengatakan penangkapan pertama dilakukan pada 16 September.

Saat itu, polisi menangkap S (22) di Jalan Sidomulyo dengan barang bukti 0,13 gram sabu. Polisi kemudian menangkap GS (43) pada 21 September dan mengamankan bukti 1 kg sabu.

Polisi kemudian menangkap MJ. Pada 30 September, polisi menangkap SNU (30) serta I (47).

Baca: Penyelundupan 6 Kg Sabu dari Malaysia Digagalkan Polisi

“Pada tersangka ini didapati ada barang bukti sabu-sabu seberat 9,12 gram dan 1 pucuk senpi revolver, 17 amunisi dan uang tunai sekitar Rp 41.948.000 (Rp 41,9 juta),” sebut Riko

Pada 11 Oktober, polisi menangkap FS (42) dan EA (38) di Batu Bara. Ada satu karung berisi sabu yang disita.

“Kita berhasil mengamankan ada dua tersangka FS (42) dan EA (38). Kemudian didapatkan barang bukti ada satu karung goni yang berisikan 22 bungkus kemasan teh China yang berisikan narkotika jenis sabu,” ujar Riko.

Baca: Penyelundupan Sabu dan Obat Keras ke LP Kedungpane Kembali Digagalkan Petugas

Sabu yang diamankan itu berjumlah 22 kg. Barang haram itu disebut bakal disebar di Medan.

“Pengakuan tersangka, saudara FS baru sekali yang bersangkutan mendapatkan tugas menjadi kurir mengantarkan narkoba tersebut dengan upah Rp 5 juta untuk per kilonya. Jadi kalau 22 kilogram, sekitar Rp 110 juta. Rencana akan disebar atau diperjualbelikan di Kota Medan,” sebut Riko.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...