Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Golok-Golok Mentok Ajari Anak-Anak Kudus Kejujuran

Siswa-siswi PAUD TBS Kudus menunjukkan Golok-Golok Mentok. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Siswa-siswi PAUD TBS Kudus, di Desa Krandon, Kecamatan Kota, Kudus diberi edukasi lewat tradisi Golok-Golok Mentok. Tradisi ini sebagai bagian dari peringatan Maulid Nabi yang digelar sekolah itu, Rabu (20/10/2021) hari ini.

Dari tradisi ini anak-anak itu diajari bagaimana menjadi anak yang jujur dan mandiri.

Pengamatan MURIANEWS, siswa diajak untuk mengambil jajan Golok-Golok Mentok bergantian. Mereka berbaris terlebih dahulu.

Kemudian satu per satu bergantian mengambil jajan. Jumlah jajan yang diambil ada tujuh buah. Setelah mengambil jajan, siswa duduk kembali.

Kepala PAUD TBS Kudus Zakiya Ulfa mengatakan, sebanyak 220 siswanya itu diajarkan untuk mencintai Nabi di momen Peringatan Maulid Nabi ini. Selain itu anak didiknya diajarkan untuk belajar mandiri dan jujur.

“Mandiri karena mereka ambil jajan Golok-Golok Menthok sendiri. Kemudian jujur karena mereka ambil jajannya tidak boleh lebih dari tujuh,” katanya, Rabu (20/10/2021).

Baca: Golok-Golok Mentok Harga Seribuan Bisa Hidupi Nenek di Kudus

Lebih lanjut, Zakiya mengatakan kegiatan peringatan Maulid Nabi rutin diperingati. Namun, untuk hari ini digelar dalam durasi satu jam saja lantaran masih Pandemi Covid-19.

“Harapannya, kami bisa mengenalkan kepada anak-anak terkait peringatan Maulid Nabi ini. Sehingga anak-anak bisa cinta Nabi Muhammad SAW,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...