Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Berangkatkan 9 Atlet Podradnas ke Bangka Belitung

Atlet olahraga tradsional Jepara akan turun di Podradnas VIII Bangka Belitung. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah selesai, kini Kementerian Pemuda dan Olahrag a (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) telah menyiapkan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Podradnas) VIII Tahun 2021 yang akan digelar 21-24 Oktober 2021, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kabupaten Jepara memberangkatkan 9 atlet dalam ajang olahraga tradisional se-Indonesia tersebut. Para atlet dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Agus Tri Harjono, Rabu (20/10/2021) di kantor Disdikpora. Selanjutnya mereka akan bergabung dengan Kontingen Jawa Tengah (Jateng).

Saat pelepasan, Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Jepara Ahmad Kholik, mengatakan ada 5 cabang yang akan dipertandingkan dalam Podradnas nanti. Masing-masing egrang, sumpitan, lari balok, ketapel, dan panahan tradisional.

Sedangkan atlet Jepara yang mewakili Provinsi Jateng akan mengikuti 2 cabor yaitu egrang (beregu putra) dan ketapel (beregu campuran). Mereka diharapkan bisa meraih prestasi untuk Jawa Tengah, dan Jepara tentunya.

“Kami akan mengikuti 2 cabor egrang beregu putra 3 orang, dan ketapel beregu campuran, 2 putra 1 putri,” kata Kholik, Rabu (20/10/2021).

BACA JUGA: Atlet Ketapel Jepara Maju ke Tingkat Nasional

Atet yang akan berangkat masing-masing Hilmi Setiawan, Muhamad Nur Falichin, dan Aditya Randi Wibowo. Mereka akan turun di nomor engrang beregu putra. Kemudian, Faradila Febriyanty Kusuma Dewi, Ragil Adi Saputra, dan Iqbal di cabang ketapel.

Selanjutnya, Distia Eka Rahayu, Jessica Ailsa Viola Rahma dan Intan Ali sebagai pendamping atlet ketapel. Sebagai official Kontingen asal Jepara, akan diwakili oleh Ahmad Kholik dan Intan Ali.

“Kami juga akan didampingi perwakilan Disdikpora Jepara,” kata dia.

Sebelumnya, Distia Eka Rahayu dan Faradila Febrianti Kusuma Dewi juga berhasil meraih peringkat 2 dan 3 kompetisi plintengan (ketapel) tingkat Jawa Tengah (Jateng), yang digelar KPOTI Provinsi Jateng. Modal ini diharapkan menjadi semangat dan motivasi mereka untuk berprestasi di tingkat nasional.

“Meskipun baru pertama kali mengikuti ajang olahraga tradisional tingkat nasional. Jadi peringkat berarapun akan menjadi suatu kebanggaan bagi kita,” kaya dia.

Kepala Disdikpora Jepara Agus Tri Harjono mengatakan, bertanding di level nasional dibutuhkan kesiapan mental yang kuat, dan juga fisik yang prima. Pihaknya mewanti-wanti agar para atlet tetap menjaga kekompakan atas nama kontingan Jawa Tengah.

“Serta jangan lupa, junjung tinggi sportifitas dan tetap semangat. Berikan yang terbaik untuk Jepara dan Jawa Tengah,” kata Agus Tri Harjono dalam kesempatan itu.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje

Comments
Loading...