Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Orang Kunjungi Menara Kudus, Tak Bermasker Dilarang Masuk

Peziarah menyambangi Menara Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Ratusan orang mengunjungi kawasan Menara Kudus saat momen peringatan Maulid Nabi tahun ini. Meski demikian, jumlah itu tak sebanyak sebelum pandemi Covid-19 berlangsung.

Pengamatan MURIANEWS di lokasi pada Rabu (20/10/2021) kawasan Menara Kudus terlihat cukup banyak wisatawan maupun peziarah.

Beberapa pengunjung juga tampak berswafoto menggunakan ponsel. Adapula yang memanfaatkan jasa fotografer di lokasi.

Humas Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus Denny Nur Hakim mengatakan, beberapa hari terakhir rata-rata pengunjung sekitar 500 sampai 700-an orang per hari.

“Hitungannya masih normal. Sehari hanya 500 sampai 700 pengunjung. Libur ini kan istilahnya kecepit karena di awal pekan,” katanya.

Sebelum pandemi berlangsung, jumlah kunjungan saat momen Maulid Nabi seperti ini bisa dua kali lipat. Bahkan pernah sampai 1.500 pengunjung dalam sehari.

“Kalau saat ini istilahnya masih terkontrol. Sehari paling 500 pengunjung saja. Mereka juga prokes (protokol kesehatan, red). Yang tidak pakai masker tidak boleh kami persilahkan masuk,” terangnya.

Menurutnya, pengunjung yang datang beragam. Mulai Kudus, Pati, Jepara, dan Demak.

Baca: Tahun Ini Tak Ada Antrean Pembagian Nasi Jangkrik Khas Buka Luwur di Menara Kudus

Protokol kesehatan juga terus diterapkan. Menurutnya cek suhu juga dilakukan bagi pengunjung.

“Yang masuk di area makam juga tidak boleh terlalu lama. Ada petugas kami yang mengingatkan. Setelah berdoa ya selesai,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau agar pengunjung tetap menaati prokes. Pemakaian masker juga harus dilaksanakan.

Salah seorang pengunjung asal Grobogan, Yudhis mengatakan sedang berziarah di momen Peringatan Maulid Nabi.

“Ya setiap Maulid Nabi ke sini. Tadi juga ke Sunan Kalijaga, terus ke sini. Setelah ini mau ke Lasem juga,” katanya, Rabu (20/10/2021).

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...