Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspada! Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Intai Perairan Cilacap-Purworejo

Ilustrasi Glombang

MURIANEWS, Cilacap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan di sekitar pulau Jawa.

Dalam peringatan dini tersebut, setidaknya ada sembilan perairan dan sembilan wilayah samudera hindia selatan yang berpotensi terjadi gelombang tinggi mulai 2,5 meter hingga empat meter.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Nurmaya dalam siaran persnya menyebutkan, sembilan perairan tersebut tiga di antaranya merupakan perairan Cilacap, Kebumen, dan Purworejo.

Baca: BMKG Pastikan Berita Indonesia Dilanda Gelombang Panas Hoaks

Sedangkan enam sisanya adalah perairan Sukabumi, Cianjur, Garut, Pangandaran, Tasikmalayan, dan Yogyakarta.

Sementara untuk samudera hindia selatan berada di wilayah Sukabumi, Cianjur, Garut, Pangandaran, Tasikmalaya, Yogyakarta, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo.

”Tinggi gelombang antara 2,5 meter hingga 4 meter. Peringatan dini ini berlaku mulai hari ini 20 Oktober 2021 pukul 07.00 WIB hingga 21 Oktober 2021 pukul 07.00 WIB,” tulisnya dalam pemberitahuan peringatan gelombang tinggi bernomor ME.301/PD/10/CLP/X/BMKG-2021.

Baca: Gelombang Tinggi, Nelayan Pati Diminta Tak Melaut

Selain peringatan tersebut, pihaknya juga meminta nelayan yang beraktivitas memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

”Kami juga mohon masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” pintanya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...