Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kebiasaan CTPS di Jepara Meningkat

Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan contoh aksi mencuci tangan di peringatan Hari CTPS sedunia. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Kebiasaan melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di masyarakat Jepara kian meningkat. Kebiasaan ini menjadi salah satu upaya efektif mencegah berbagai jenis penyakit, terutama penyakit menular di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi saat peringatan Hari CTPS Sedunia Tahun 2021. Kegiatan itu bertempat di halaman SD Negeri 1 Bringin, Kecamatan Batealit, Selasa pagi (19/10/2021).

Pihaknya menyadari bahwa akhir-akhir ini kebiasan cuci tangan meningkat seiring adanya pandemi Covid-19.

“Mungkin dua tahun ini, cuci tangan pakai sabun itu masyarakat seluruh dunia baru merasakan manfaatnya, karena berbarengan dengan pandemi. Karena salah satu yang ada di dalam protokol kesehatan, ini dipraktikkan betul,” ujarnya.

Dia mengemukakan, ada sebuah penelitian menyatakan praktik CTPS selama pandemi ini dapat mengurangi risiko infeksi Covid-19 sebesar 36 persen. Selain itu, kebiasaan mencuci tangan merupakan cara mudah dan tidak perlu biaya mahal.

Bersama bupati, Ketua TP PKK kabupaten Hesti Nugroho beserta pengurus lain, juga para pejabat pemkab terkait, tampak hadir dalam acara yang diikuti para siswa, guru, dan kepala sekolah. Di hadapan mereka, Dian Kristiandi berharap perilaku CTPS dapat membudaya di seluruh lapisan masyarakat.

“Karena CTPS bukan untuk kalangan tertentu, untuk semua masyarakat. Kita selalu edukasi kepada masyarakat harus kita terus tanamkan,” tandas bupati.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa SD Negeri 1 Bringin tampak berbaris rapi, berjarak, dan mengenakan masker, di halaman sekolah. Mereka dari kelas 4, 5, dan 6. Usai mengikuti apel, para peserta mendapat pengetahuan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian bergantian mempraktikkannya, lalu mengikuti senam CTPS, senam ayo minum air, dan senam pinguin.

Sebelumnya, Bupati Jepara Dian Kristiandi juga menyerahkan sejumlah bantuan. Di antaranya dari perlengkapan alat cuci tangan, perlengkapan olahraga, tempat sampah, bibit tanaman dan benih ikan, serta bantuan jamban sehat.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...