Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Keluarga Buruh Rokok di Kudus Dilatih jadi Pengusaha

Peserta mengikuti pelatihan barista di Hotel Poroliman, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Keluarga buruh rokok di Kabupaten Kudus dilatih menjadi pengusaha dengan berbagai keterampilan. Pelatihan tersebut menggunakan fasilitas dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

Pekan ini ada empat pelatihan yang dijalani. Keempat pelatihan itu terdiri dari pelatihan roasting kopi, pelatihan hidroponik, pelatihan barista, dan pelatihan digital marketing.

Dengan pelatihan-pelatihan ini para keluarga buruh rokok itu bisa menciptakan usaha sendiri dengan keahlian yang dimiliki.

Pelatihan itu dilaksanakan di Hotel Poroliman, Kabupaten Kudus selama lima hari mulai Senin (18/10/2021) kemarin.

“Empat kejuruan pelatihan ini merupakan yang pertama di 2021. Sebelumnya tahun lalu belum ada pelatihan ini. Untuk pelatihan ini sasarannya buruh rokok,” kata Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati, Selasa (19/10/2021).

Baca: Hasil Verifikasi, Ini Jumlah Buruh Rokok Kudus Calon Penerima BLT

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan asal Desa Karangampel, Kaliwungu, Kudus, Fitriana tertarik ikut untuk menambah pengalaman.

“Untuk menambah pengalaman. Kebetulan suami suka kopi. Selain itu saya juga ingin punya kedai kopi kecil-kecilan,” katanya, Selasa (19/10/2021).

Peserta pelatihan lainnya asal Desa Kajar, Dawe, Kudus Erika Damayanti mengatakan ingin belajar lebih dalam soal kopi.

“Ingin tahu cara membuat kopi. Kebetulan saya juga punya usaha kopi. Supaya usaha kopi saya maju,” ungkapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...