Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bupati dan Seluruh Pejabat di Jepara Dites Urine, Ini Hasilnya

Bupati Jepara Dian Kristiandi melihat sampel urinenya yang dites oleh BNNP Jateng. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Jajaran petinggi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara dilakukan tes urine, Selasa (19/10/2021). Tak hanya itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi dan para kepala dinas juga wajib mengikuti tes ini.

Tujuannya, untuk memastikan apakah para pejabat itu terdeteksi positif menggunakan narkotika atau tidak.

Ada 27 pejabat tinggi di tiap organisasi perangkat daerah (OPD) mengikuti tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah.

Cukup dengan waktu lima menit untuk bisa mengetahui hasil deteksi urine tersebut. Dalam tes tersebut tidak satupun pejabat yang terdeteksi menggunakan zat adiktif berupa narkotika atau sejenisnya.

Andi mengatakan, tes urine tersebut dilakukan untuk membuktikan bahwa para pejabat tinggi di Kota Ukir bersih dari penggunaan narkotika. Selain itu, tes tersebut juga digunakan untuk mendeteksi dini ada atau tidaknya zat adiktif dalam tubuh pejabat.

“Orang memang terkadang ada yang tidak tahu. Ada yang suka ketemu dengan orang lain, misalnya ngobrol dikasih minum. Mungkin itu soft drink, tapi bisa jadi itu dimasuk-masukin yang begitu (narkotika, red). Kemudian menjadi kecanduan,” kata Andi, Selasa (19/10/2021).

Baca: Bertahun-tahun BNNK di Jepara Masih Sekadar Wacana

Untuk itu, ujar Andi, supaya para pejabat paham dan mendapat kepastian, maka mereka dilakukan tes urine untuk mendeteksi dini.

Selain untuk mendeteksi dini, pelaksanaan tes tersebut juga bertujuan untuk mencari kebenaran apakah ada penyebaran barang-barang haram itu di kalangan pejabat tinggi Jepara.

“Mungkin ada penggunaan, penyebaran, penyelundupan, atau bahkan pengedaran. Maka kita ajak teman-teman di perangkat daerah untuk berkomitmen bersama memerangi peredaran narkotika,” tegas Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...