Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berapa Hadiah Juara Piala Thomas?

Indonesia meraih gelar ke-14 Piala Thomas. Berapakah hadiah yang diterima?. (facebook.com/badmintonindonesia)

MURIANEWS, Jakarta- Baru saja Tim Indonesia berhasil merebut gelar Juara Piala Thomas untuk ke-14 kalinya. Kemenangan 3-0 atas China di Aarhus, Denmark menjadi momentum kebangkitan bulutangkis Indonesia.

Dari higar-bigar kejuaraan ini orang bertanya-tanya berapa sebenarnya hadiah yang disediakan di kejuaran bulutangkis dunia ini. Apakah Tim Indonesia menerima hadiah besar dari pihak penyelenggara usai meraih gelar Juara?

Menurut informasi yang dilansir dari lamanThe Sports Grail, Senin (18/10/2021), Badminton World Federation (BWF) menjelaskan terkait pembagian uang hadiah di beberapa kejuaraan bulutangkis Dunia.

Hadiah uang turnamen Level 1 dan 2, misalnya dalam Tur Dunia BWF 2018, memiliki total hadiah lebih dari USD1,5 juta atau setara kurang lebih Rp21 miliar. Para pemenang di sektor tunggal diberi hadiah USD120.000 atau sekitar Rp1,6 miliar yang merupakan delapan persen dari total kumpulan hadiah.

Selanjutnya, pemenang ganda menerima sekitar USD126.000 atau Rp 1,7 miliar dan runner-up dari kedua acara tersebut menghasilkan USD60.000 atau Rp844 juta. Mereka yang berada

BACA JUGA: Raih Gelar ke-14 Indonesia Raja Piala Thomas

Para juara keempat juga mendapatkan hadiah uang dalam jumlah banyak. Pemain tunggal masing-masing menerima USD9,000 atau Rp126 juta dan pasangan ganda masing-masing USD10,500 atau Rp147,7 juta.

Lalu, berapa besar hadiah yang didapatkan Tim Indonesia sebagai juara? Ternyata khusus untuk Kejuaraan Thomas Cup Uber Cup, BWF tidak menyediakan hadiah berupa uang atau prize money, untuk para pemain yang bertanding.

Kebijakan tersebut pun telah diberlakukan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sejak gelaran kejuaraan dunia pertama pada 1977 silam. Selain Thomas Cup, terdapat lima ajang lain yang berada di bawah BWF yang tidak memberikan hadiah uang untuk pemain yang bertanding.

Lima ajang tersebut adalah Kejuaraan Dunia, Uber Cup, Suhandinata Cup (kejuaraan dunia beregu junior), Eye Level Cup (Kejuaraan Dunia Individu Junior) dan Kejuaraan Dunia senior.

Jika tidak mendapatkan hadiah uang, apa yang didapatkan oleh juara Piala Thomas? Tidak ada penjelasan secara spesifik mengenai hal ini. Namun satu hal yang pasti, ada gengsi dalam memenangkan gelar juara ini.

Piala Thomas merupakan ajang kejuaraan bergengsi, lambang supremasi bulu tangkis bagi atlet negara yang ikut serta. Pemenang dari kejuaraan ini akan mendapatkan pengakuan dan dicatat oleh sejarah.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: The Sport Grail

Comments
Loading...