Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

METRO JAYA

Soal Wacana Jalan Mustafa Kemal Ataturk, Ini Penjelasan Wagub DKI Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan rencana tokoh sekuler Turki Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama jalan di Jakarta merupakan kerja sama pemerintah Indonesia dan pemerintah Turki.

“Jadi memang ada keinginan dari kita dan pemerintah Turki agar ada nama dari (tokoh) kita di Turki dan nama tokoh dari Turki (di kita),” kata Riza dikutip dari Detikcom, Senin (18/10/2021).

Baca juga: MUI Tolak Wacana Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta

Menurut politisi Gerindra itu, penggunaan nama tokoh turki sebagai nama jalan di Indonesia itu akan timbal balik. Di mana, nantinya ada salah satu jalan di Turki yang diberi nama tokoh asal Indonesia.

Baca juga: Nama Habib Ja’far Alkaff Dijadikan Nama Jalan di Sebelah Masjid Agung Kudus

Rencana itu pun, disebut Riza sebagai cara untuk mempererat kerja sama antara Indonesia dengan Turki. “Jadi insyaallah bagian dari kerja sama antara Indonesia dan Turki,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Nama Presiden Pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk bakal menjadi nama salah satu jalan di Jakarta. Wacana itu diungkapkan Dubes Indonesia untuk Ankara Muhammad Iqbal.

Baca juga: Soal Protes Jalan Mustafa Kemal Ataturk, NU DKI Jakarta Sebut MUI dan PKS Lebay

Menurut Muhammad Iqbal, Indonesia berencana mengganti salah satu nama jalan di daerah Menteng dengan nama tokoh sekuler Turki ini. Peresmiannya pun rencananya dilakukan saat Presiden Turki berkunjung ke Indonesia.

Presiden Turki, Erdogan disebut akan melawat ke Jakarta pada awal 2022. Namun rencana itu masih dalam tahap pembahasan.

Baca juga: Subchan ZE, Pemilik Nama Jalan di Kudus yang Meninggal Misterius Usai Kritik Soeharto

“Kami sudah meminta komitmen dari pemerintah DKI Jakarta untuk pemerintah memberikan nama jalan dengan founding fathernya Turki di Jakarta,” kata Duta Besar Indonesia di Ankara, Muhammad Iqbal dalam acara Ngopi Virtual.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...