Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Embung Kembang Kempis Bakal Dibangun di Alur Sungai Juwana

Sejumlah kapal bersandar di sepanjang Sungai Juwana (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bendungan karet atau bendung kembang kempis akan dipasang di alur Sungai juwana, tepatnya di Dukuh Biteng, Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Pati, atau di hulu Jembatan Ngantru. Pembangunan itu diperkirakan akan terrealisasi pada 2022 mendatang.

Pembuatan bendungan tersebut nantinya menggunakan anggaran dari APBN.

Koordinator Lapangan Normalisasi Sungai Juwana Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Sugeng mengatakan, setelah normalisasi Sungai Silugonggo sepanjang 10,6 KM selesai, rencananya memang ada pemasangan bendungan karet.

“Rencananya tahun depan. Mungkin awal tahun akan segera diadakan pelelangan, kemudian sebelum pertengahan tahun, bendungan segera bisa di pasang,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (18/10/2021).

Baca: Normalisasi 10,6 KM Sungai Silugonggo Rampung

Untuk bendungan karet itu, Pemerintah Kabupaten Pati sebenarnya sudah mengajukan sejak 2012 lalu. Selian untuk mengatasi banjir yang berdampak pada permukiman warga, bendungan tersebut juga untuk menyuplai kebutuhan irigasi warga.

Mengingat, apabila musim hujan, sungai tersebut memang sering meluap lantaran mengalami sedimentasi. Sementara saat musim kemauaru, terjadi intrusi air laut, sehingga untuk kebutuhan irigasi tidak bisa dilakukan oleh petani.

“Sudah lama, tapi realisasinya direncanakan tahun depan. Tetapi pastinya, saya juga belum tahu. Informasinya memang mulai lelang tahun depan,” jelasnya.

Terkait berapa anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, pihaknya mengaku belum mengetahui hal itu. Sebab, sejauh ini pihaknya hanya sebagai pelaksana.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...