Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta, PKS: Lebih Baik Dibatalkan

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin. (SINDOnews/KOMARUDDIN BAGJA ARJAWINANGUN)

MURIANEWS, Jakarta – Wacana menggunakan nama tokoh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama jalan di Jakarta juga diprotes DPW PKS DKI Jakarta. Mereka menilai Mustafa Kemal Ataturk adalah sosok yang kontrovesial.

Ketua DPW PKS DKI Khoirudin menyarankan agar wacana itu dibatalkan. Sebab, dikhawatirkan akan menyakiti kaum Islam di Indonesia.

“Jika memang sangat merugikan dan menyakiti kaum muslim, lebih baik dibatalkan pemberian nama jalan tersebut,” kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin dikutip dari Detikcom, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Mustafa Kemal Ataturk Bakal Jadi Nama Jalan di Jakarta

Khoirudin yang juga anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta itu menyebut Ataturk telah merugikan kaum muslimin selama memimpin Turki. Salah satunya, dial ah yang mengganti fungsi Masjid Hagia Sophia menjadi museum pada 1935 sebelum dikembalikan menjadi masjid oleh Edorgan pada 2020.

“Sangat diktator, dia juga membuat kebijakan mengubah Masjid Hagia Sofia menjadi museum, mengganti azan berbahasa Arab dengan bahasa lokal, melarang jilbab dipakai di sekolah, kantor-kantor yang bersifat kepemerintahan,” terangnya.

Baca juga: Subchan ZE, Pemilik Nama Jalan di Kudus yang Meninggal Misterius Usai Kritik Soeharto

Khoirudin memahami kecintaan rakyat Turki terhadap founding fathers atau bapak pendiri negaranya. Namun hal ini tak berlaku bagi umat Islam di negara lain. Selain itu, dia meyakini masih banyak tokoh yang bisa diabadikan menjadi nama jalan.

 

Sebelumnya diberitakan, Nama Presiden Pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk bakal menjadi nama salah satu jalan di Jakarta. Wacana itu diungkapkan Dubes Indonesia untuk Ankara Muhammad Iqbal.

Baca juga: MUI Tolak Wacana Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta

Menurut Muhammad Iqbal, Indonesia berencana mengganti salah satu nama jalan di daerah Menteng dengan nama tokoh sekuler Turki ini. Peresmiannya pun rencananya dilakukan saat Presiden Turki berkunjung ke Indonesia.

Presiden Turki, Erdogan disebut akan melawat ke Jakarta pada awal 2022. Namun rencana itu masih dalam tahap pembahasan.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...