Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

MUI Tolak Wacana Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta

MUI
Ilustrasi Gedung MUI pusat. (Dok. MUI.or.id)

 

MURIANEWS, Jakarta – Wacana penggunaan nama tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan di Jakarta menuai penolakan. Salah satunya datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurut MUI, hati umat Islam akan tersakiti jika pemerintah merealisasikan wacana itu.

“Kalau pemerintah tetap akan mengabadikan namanya menjadi salah satu nama jalan di Ibu Kota Jakarta, hal itu jelas merupakan sebuah tindakan yang tidak baik dan tidak arif, serta jelas-jelas akan menyakiti dan mengundang keresahan di kalangan umat Islam, yang itu jelas tidak kita harapkan.” kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas dikutip dari Detikcom, Senin (18/10/2021).

Menurut Anwar Abbas, Mustafa Kemal Ataturk merupakan salah satu tokoh yang telah mengacaukan ajaran Islam. Banyak perbuatan yang dilakukan bapak pendiri Republik Turki itu bertentangan dengan ajaran Alquran dan Assunnah.

Baca juga: MUI: Pinjol Cenderung Mudarat Ketimbang Manfaat

Mustafa Kemal Ataturk, disebut Anwar Abbas merupakan tokoh sekuler yang tak percaya ajaran Islam bisa membawa Turki maju. Anwar Abbas menyebut Ataturk sesat.

“Jadi Mustafa Kemal Ataturk ini adalah seorang tokoh, yang kalau dilihat dari fatwa MUI, adalah orang yang pemikirannya sesat dan menyesatkan. Oleh karena itu, kalau pemerintah Indonesia akan tetap menghormatinya dengan mengabadikan namanya menjadi nama salah satu jalan di Ibu Kota Jakarta, hal demikian jelas akan sangat-sangat menyakiti hati umat Islam,” kata Anwar Abbas.

“Karena bagaimana mungkin sebuah negara yang bernama Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, di mana sila pertamanya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, lalu pemerintahnya akan menghormati seorang tokoh yang sangat sekuler dan melecehkan agama Islam,” ujarnya.

Baca juga: Mustafa Kemal Ataturk Bakal Jadi Nama Jalan di Jakarta

Sebelumnya diberitakan, Nama Presiden Pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk bakal menjadi nama salah satu jalan di Jakarta. Wacana itu diungkapkan Dubes Indonesia untuk Ankara Muhammad Iqbal.

Menurut Muhammad Iqbal, Indonesia berencana mengganti salah satu nama jalan di daerah Menteng dengan nama tokoh sekuler Turki ini. Peresmiannya pun rencananya dilakukan saat Presiden Turki berkunjung ke Indonesia.

Presiden Turki, Erdogan disebut akan melawat ke Jakarta pada awal 2022. Namun rencana itu masih dalam tahap pembahasan.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...