Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Karimunjawa Tetap Nol Kasus Covid Meski Wisata Dibuka

Para wisatawan sedang menikmati suasana Pantai Ujung Gelam di Karimunjawa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kepulauan Karimunjawa sampai saat ini masih nol kasus penyebaran Covid-19. Meskipun, sudah dua bulan lebih pulau itu dibuka dan dimasuki wisatawan dari berbagai belahan Indonesia.

Hal itu disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi, Senin (18/10/2021). Menurutnya, nihilnya penyebaran kasus baru Covid-19 di Karimunjawa adalah buah dari terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat setempat.

Alhamdulilah sejauh ini tidak ada kasus penularan Covid-19 di Karimunjawa. Saat ini nol kasus. Mari ini kita sama-sama jaga agar kondisi ini tetap terjaga baik. Saya cukup senang bapak dan ibu tetap menaati prokes,” kata Andi.

Baca: Mengantar Matahari Tenggelam dari Bukit Love Karimunjawa

Andi menyebut, capaian vaksinasi di Karimunjawa sudah menyentuh angka 85 persen. Diketahui, pemerintah memang lebih dulu memprioritaskan percepatan vaksinasi di Karimunjawa. Tujuannya untuk membangkitkan ekonomi dan wisata yang sempat lumpuh.

”Vaksinasi ini memang kita fokuskan dan percepat agar kekebalan masyarakat Karimunjawa segera tercapai lantaran Karimunjawa sebagai destinasi wisata,” ujarnya.

Baca: Catat! Ini Jadwal Penyeberangan Kapal Cepat Jepara-Karimunjawa

Kendati demikian, Andi tak menampik bahwa masih ada sebagian kecil warga yang belum tervaksin. Untuk itu, pihaknya meminta agar animo masyarakat Karimunjawa harus ditingkatkan.

“Vaksinasi memang tidak menjamin seseorang tidak tertular virus, akan tetapi paling tidak sebagai sakah satu upaya pencegahan. Yang paling utama tentu menjalankan prokes dengan baik. Jangan bosan pakai masker, jaga jarak dan menjaga kebersihan,” tegas Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...