Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sanksi WADA Mulai Membayangi Olahraga Indonesia

Sanksi WADA membayangi dunia Olahraga Indonesia. (wada.com)

MURIANEWS, Jakarta- Badan anti doping dunia, WADA (World Anti Doping Agency) kini benar-benar membayangi dunia olahraga Indonesia. Berawal dari ketidakpatuhan Indonesia terhadap program anti doping, kini beberapa sanksi bisa saja akan diterima Indonesia terkait dunia olahraga.

WADA sendiri pada 15 September 2021 diketahui telah mengirimkan surat kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait ketidakpatuhan program uji doping. Indonesia tak bisa memenuhi test doping plan (TDP) tahun 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun 2021.

Sebenarnya tidak hanya Indonesia saja yang mendapatkan teguran yang sama. Selain Indonesia, kabarnya Thailand dan Korea Utara juga menerima teguran yang sama. Namun Indonesia sepertinya menganggap hal ini seperti ‘angin lalu’.

Sejumlah negara ini dikirimi surat dan diberi waktu 21 hari untuk memberikan klarifikasi. Indonesia tidak memberikan klarifikasi, seperti halnya Thailand dan Korea Utara. WADA lalu melayangkan surat ancaman sanksi pada 7 Oktober 2021 lalu.

Menpora Zainudin Amali bahkan mengaku baru mengetahui kasus ini pada 8 Oktober 2021. Hal ini tentu saja cukup memprihatinkan, mengingat masalah ini dampaknya bisa saja melebar ke mana-mana.

BACA JUGA: WADA Tak Bolehkan Indonesia Kibarkan Merah Putih

Menpora menyebut perubahan struktur kepengurusan LADI menjadi salah satu alasan Indonesia telat dalam memberikan klarifikasi. Namun masalah ini kini sudah mulai mendapatkan perhatian. Pihaknya mengaku sudah mengirim surat agar Indonesia tak dijatuhi sanksi.

“Kalau ke WADA kami sudah kirim surat. Jadi kita berusaha ini akan kita lakukan dengan baik. Mudah-mudahan dengan penjelasan dari kami bisa ada pembicaraan lebih lanjut,” ucap Amali pada 8 Oktober 2021, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (16/10/2021).

Sanksi WADA pada akhirnya sudah mulai diterapkan, dan Tim Piala Thomas Indonesia yang tengah berjuang di Aarhus, Denmark mendapatkan imbasnya. Mereka tidak diperkenankan menggunakan atribut Indonesia di ajang bulutangkis dunia itu.

Jika mengacu pada kemungkinan sanksi yang suah disampaikan WADA beberapa waktu lalu, masalah ini bisa melebar ke mana-mana jika tidak segera diselesaikan. Sanksi lain yang dikuatirkan adalah larangan Indonesia menjadi tuan rumah event olahraga berskala internasional.

Dalam waktu dekat, untuk cabang bulutangkis dipastikan akan menggelar sejumlah event nasional. Sedangkan di tahun 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP dan Formula E. Berikutnya Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia Basket Ball pada tahun 2023.

Jika tidak segera diselesaikan, urusan dengan WADA ini bisa membuat Indonesia menghadapi situasi sulit. Sangat disayangkan jika akhirnya nanti, beberapa even olahraga besar dunia itu, tidak jadi di gelar di Indonesia.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...