Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PIALA THOMAS 2021

WADA Tak Bolehkan Indonesia Kibarkan Merah Putih

Di Piala Thomas Indonesia hanya diperkenankan menggunakan bendera PBSI, setelah mucul larangan dari WADA. (pbsi.org)

MURIANEWS, Aarhus- Setelah sempat dianggap sebagai ‘angin lalu’, ancaman WADA (World Anti Doping Agency) terhadap Indonesia akhirnya terbukti. Di arena Thomas Cup, Indonesia dipastikan tidak bisa mengibarkan bendera merah putih.

Larangan ini disampaikan BWF (Badminton World Federation) karena permintaan WADA. Hal itu terkait sikap Indonesia yang tidak memberikan klarifikasi seperti yang diminta. Sebelumnya, Indonesia didakwa WADA tidak patuh pada program uji tes doping.

Berdasarkan hal ini, Indonesia dipastikan tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Thomas Cup. Sebagai gantinya bendera dengan logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang bakal dikibarkan.

Dalam ajang Thomas Cup, empat negara semifinalis bakal menghadiri upacara penutupan dan masing-masing bendera negara bakal dikibarkan. Indonesia sudah sukses masuk ke semifinal Thomas Cup dan itu berarti Indonesia bakal hadir hingga upacara penutupan.

BACA JUGA: Susunan Pemain Indonesia Vs Denmark

Namun untuk Thomas Cup 2020 ini, Indonesia tidak akan bisa mengibarkan bendera Merah Putih. Termasuk jika seandainya Indonesia keluar sebagai juara sekalipun.

“Informasi yang saya dapatkan dari Kabid Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi tidak ada bendera Merah Putih tetapi diganti logo PBSI,” ucap Kabid Humas dan Media PBSI, Broto Happy seperti dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (16/10/2021) petang.

Sementara itu, Bambang Roedyanto, Ketua Hubungan Luar Negeri PB PBSI, juga menyatakan hal yang sama. Pihaknya juga sudah memastikan telah dihubungi Badminton World Federation (BWF) terkait larangan penggunaan bendera Merah Putih dan pemakaian bendera dengan logo PBSI sebagai penggantinya.

WADA sendiri dikabarkan sudah memberikan warning, terkait ketidakpatuhan ini. Termasuk mengenai sanksi-sanksi yang kemungkinan akan diterima Indonesia. Mulai dari tidak boleh menggunakan lambang negara di arena olahraga berskala international dan larangan menjadi tuan rumah event olahraga Internasional.

Namun warning yang diberikan sepertinya hanya dianggap sebagai ‘angin lalu’. Kini di arena Piala Thomas yang berlangsung di Aarhus, Denmark, sanksi itu sudah mulai diterima tim Piala Thomas Indonesia yang kini maju ke Semifinal.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...