Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Stok Darah AB di PMI Grobogan Tinggal Tiga Kantong

Ilustrasi. (Pixabay)

MURIANEWS, Grobogan – Buat Anda yang memiliki darah golongan AB ada baiknya untuk menyumbangkan darah buat kemanusiaan. Ini menyusul sudah minimnya persediaan atau stok darah golongan AB yang ada di PMI Grobogan.

Di mana, stok darah golongan AB pada siang tadi hanya tinggal tiga kolf atau kantong saja.

Kasi Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristyawan mengungkapkan, stok yang ada ini masih ada 169 kolf. Stok sebanyak ini terdiri dari darah golongan A sebanyak 33 kolf, golongan B ada 42 kolf, golongan O ada 91 kolf dan golongan AB masih 3 kolf.

“Untuk stok darah golongan AB memang sangat minim karena hanya ada tiga kantong saja. Untuk stok golongan darah lainnya masih mencukupi,” katanya, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Gesit, dalam satu bulan terakhir, stok darah AB ini memang tidak bisa banyak. Bahkan, stok darah golongan AB ini sempat kosong beberapa kali.

“Sebenarnya orang yang donor darah AB sudah cukup banyak. Tetapi, kebetulan pula yang butuh darah AB juga banyak sehingga stoknya langsung terpakai,” ujarnya.

Masih dikatakan Gesit, stok darah ini bisa berubah datanya karena hari ini masih ada pendonor yang menyumbangkan darahnya.

Selain datang langsung ke kantor PMI, pada hari ini, pihaknya juga melakukan kegiatan donor keliling di beberapa titik.

“Semoga pada hari ini nanti ada penambahan stok darah cukup banyak. Yang pasti selama pandemi ini, kita tetap berupaya keras untuk mendapatkan donor darah tiap hari. Meski demikian, dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat serta jangan sampai menimbulkan kerumunan,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...