Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cara RS Mardi Rahayu Kudus Jaring Masa Vaksinasi Lansia

Nakes RS Mardi Rahayu menyuntikkan dosis vaksin ke lansia. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Vaksinasi lansia di Kabupaten Kudus diakui memang masih rendah. Capaiannya pun kini masih berkisar di angka 30 persen ke bawah.

Pemerintah setempat mencoba menaikkan capaian tersebut dengan berbagai upaya. Pihak-pihak swasta juga didorong untuk membantu.

Satu yang turut berupaya meningkatkannya, adalah Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Namun, rumah sakit swasta tersebut menyadari jika menjaring lansia untuk vaksin bisa dibilang cukup sulit.

“Kami mencari cara bagaimana mereka bisa tertarik. Yakni dengan menyediakan pelayanan cek gula darah plus konsultasinya secara gratis bagi lansia yang berkenan vaksin di sini,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 RS Mardi Rahayu Kudus, Yuliana Wara, Sabtu (16/10/2021).

Selain itu, RS Mardi Rahayu juga menyediakan doorprize pemeriksaan kesehatan senilai Rp 3,5 juta bagi para peserta vaksinasi. Sehingga ketika mereka rampung melaksanakan vaksin, kemudian dicek darah, barulah berkesempatan untuk mencoba peruntungan dengan mengambil doorprize.

Pelaksanaanya pun hanya dua hari. Yakni Sabtu (16/10/2021) hari ini dan Minggu (17/10/2021) besok. Dengan kuota per harinya seratus slot.

“Kami lakukan agar para lansia bisa tertarik untuk vaksin, dengan begitu capaian vaksinasinya kan juga bisa meningkat,” kata dia.

Walau demikian, dipungkiri atau tidak, jumlah pesertanya masih terbilang sepi. Dari seratus kuota untuk hari ini, hingga siang tadi baru terisi sekitar 40-an slot. Sementara sisanya dimungkinkan akan digunakan besok.

“Kami membuka pendaftaran online sejak kemarin-kemarin, namun memang masih sedikit yang mendaftar, sisa kuota hari ini akan kami gunakan besok. Sehingga besok ada 160 kuota,” sambung dia.

Wara mengatakan, bila kesulitan untuk mendaftar secara online, maka bisa datang langsung dengan membawa kartu identitas. Atau, kartu keterangan domisili jika bukan merupakan warga Kudus asli. “Kami akan melayani semaksimal mungkin,” tandasnya.

Sampai saat ini sendiri, RS Mardi Rahayu telah melakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19 sebanyak 35 ribu lebih dosis vaksin. Baik untuk dosis satu, dua, dan tiga.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...