Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bahan Baku Mahal, Pengusaha Bandeng Presto Juwana Kebingungan

Panen bandeng di tambak di daerah Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Harga ikan bandeng saat ini di Kabupaten Pati masih melambung tinggi. Selain itu, ketersediaan di tambak maupun di pasaran masih sangat minim.

Hal ini berimbas pada pengusaha olahan bandeng presto yang tidak bisa memproduksi dalam jumlah banyak. Sementara permintaan dari konsumen terus berdatangan.

Pengusaha bandeng presto di Dukuhtalit, Kecamatan Juwana, Pati, Hana Tri Wahyuni mengaku, naiknya harga ikan bandeng itu berlangsung sejak sebulan lalu. Semula harganya Rp 23 ribu per kilogram, tetapi saat ini sudah mencapai Rp 30 ribu per kilogram.

“Ini harganya cukup tinggi. Untuk mencari ikan bandeng itu, saat ini juga sulit. Karena dari petani tambak banyak yang belum panen, sehingga di pasaran kadang ada, kadang juga tidak ada,” katanya, Sabtu (16/10/2021).

Dengan harga bahan baku yang melambung tinggi itu, Hana mengaku tidak berani untuk menaikkan harga jual bandeng presto. Sebab, dirinya khawatir apabila harga jual dinaikkan, nantinya konsumen enggan membeli.

Sementara apabila harga jual tidak dinaikkan, lanjutnya, ketuntungan yang didapat sangat minim. Sehingga, saat ini pihaknya tidak bisa memproduksi dalam jumlah banyak.

“Setiap ada pesanan, baru mengolah bandeng presto. Kalau tidak ada, ya tidak membuat. Biyar lebih efektif dan tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya lah,” terangnya.

Menurutnya, ketersediaan ikan bandeng dimungkinkan akan melimpah pada November mendatang. Karena pada saat itu banyak petani tambak yang mulai panen. Pada saat itu pula, harganya diprediksi mulai mengalami penurunan.

“Semoga cepat turun harganya. Karena kalau masih tinggi (harganya) kita tidak bisa memproduksi lebih banyak bandeng presto,” harapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...