Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pedasnya Pecak Kalkun Warung di Kudus Ini Bikin Nampol

Pecak dan rica kalkun yang super pedas. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Olahan daging ayam kalkun memang masih terdengar awam bagi sebagian masyarakat. Umumnya, daging yang dikonsumsi kalau tidak ayam pedaging, ya ayam kampung.

Namun jangan salah, olahan daging kalkun juga tak kalah lezatnya. Sama seperti ayam pada umumnya, daging kalkun juga bisa diolah ke beraneka jenis makanan. Mulai dari sate, tongseng, rica, dan satu yang mungkin belum pernah Anda coba, yakni olahan pecak.

Jika Anda berminat merasakan makanan pecak kalkun, Anda bisa mengunjungi satu warung di Kecamatan Undaan, tepatnya di Undaan tengah Gang 14, Kabuoaten Kudus. Warung dengan nama Ratu Pecak itu, menyediakan berbagai olahan kalkun, dengan menu andalan pecak kalkun.

Pemiliknya, Awan Binuko menjelaskan jika pecak merupakan nama lain dari penyet. Namun dalam menu penyet pecak, sambalnya berbeda dari penyet biasa. Yakni adanya tuangan santan yang membasahi sambal mentah yang fresh.

“Sehingga karakteristik sambalnya jadi pedas gurih, ini yang membedakan pecak dengan penyet,” ujar Awan.

Warung Ratu Pecak yang sajikan menu pecak kangkong. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Untuk daging kalkunnya sendiri, setelah dibumbui dengan bumbu khusus, daging lalu digoreng hingga matang. Kemudian dipenyet dan dibaurkan dengan sambal santan tadi.

Baca: Tahu Tuna Kedai Wawan’s Kudus, Kuah atau Goreng Rasanya Yahud

Soal level pedas, Awan mengatakan jika pelanggan bisa memilih tingkatnya. Mulai dari pedas sedikit sampai pedas nampol atau pedas sekali. “Jadi mereka order pedasnya, baru kami buatkan sambal pecaknya,” kata dia.

Pecak kalkun kemudian disajikan dengan nasi panas lengkap dengan lalapan dan bawang goreng di atas nasi. Awan menjamin, sensai memakan pecak kalkun dipadu padankan dengan nasi panas bikin penikmatnya tak bisa berhenti makan.

“Nasi panas yang dipadukan dengan sambal pecak dan daging kalkun yang gurih adalah perpaduan yang pas,” ujarnya.

Baca: Makoju, Makaroni Buatan Emak Cantik di Kudus Cocok untuk Vegetarian

Seporsi pecak kalkun sendiri, dibanderol dengan harga Rp 30 ribu saja. Harga tersebut, sudah termasuk nasi, lalapan, dan minum es teh manis. Awan membuka tempat makannya mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

“Bagi yang kurang bisa menikmati pedas, kami juga menyediakan olahan kalkun lain seperti sate kalkun, rica kalkun, dan tongseng kalkun yang tentunya tak kalah nikmat dari si pecak kalkun ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...