Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada yang Ajukan Judicial Review UU Pers, Dewan Pers Minta Wartawan Tak Terprovokasi

Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh (MEDIAINDONESIA/Susanto)

MURIANEWS, Jakarta – Dewan Pers mengimbah para wartawan dan elemen masyarakat lainnya tidak terpengaruh atau terprovokasi adanya upaya dari pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mendiskreditkan Dewan Pers.

Imbauan ini diberikan terkait adanya tiga wartawan yang mengajukan Judicial Review (JR) UU Pers No 40 tahun 1999 pada Mahkamah Konstitusi. Ketiganya mempermasalahkan soal fungsi Dewan Pers dalam menyusun peraturan di bidang pers sebagaimana diatur dalam Pasal 15 ayat (2) huruf f dan Pasal 15 ayat (5) UU Pers.

Baca juga: Tiga Wartawan Ajukan JR UU Pers ke MK

“Dewan Pers mengimbau masyarakat insan pers dan elemen masyarakat lainnya agar tidak terpengaruh dan terprovokasi dengan adanya upaya dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mediskreditkan Dewan Pers melalui segala cara dan segala saluran informasi apapun. Karena itu diharapkan selalu menguji dan memverifikasi informasi tersebut kepada Dewan Pers dan perwakilan Konstituen Dewan Pers,” tulis keterangan tertulis Dewan Pers yang ditandatangani Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh seperti dikutip MURIANEWS, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Pemerintah Sebut Dalil Pemohon JR UU Pers Absurd

Di keterangan tertulisnya itu, Dewan Pers mengajak semua insan pers tetap menjaga Pers Indonesia sebagai salah satu pilar demokrasi, menjaga dan melawan terhadap upaya-upaya pelemahan kemerdekaan pers yang profesional dan bertanggungjawab yang terus menerus disempurnakan.

Sementara itu, Dewan Pers juga mengapresiasi apresiasi dan terima kasih kepada seluruh insan pers, termasuk konstituen Dewan Pers dan seluruh elemen masyarakat lainnya yang telah bersama-sama mengawal kemerdekaan pers dengan memberikan perhatian terhadap perkara permohonan judicial review di Mahkamah Konstitusi ini.

Baca juga: Pemerintah: Tak Ada Dewan Pers ‘Tandingan’

Dewan Pers menegaskan, tetap dan selalu berkomitmen melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana amanat UU PERS 40/1999 dalam rangka mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional serta bersama-sama konstituen Dewan Pers dan masyarakat sipil lainnya menjaga dan melawan adanya upaya mendelegitimasi Dewan Pers dan UU PERS 40/1999 dari pihak manapun.

Dewan Pers menegaskan bahwa berbagai peraturan-peraturan pers dibuat dan disusun oleh para konstituen yang difasilitasi oleh Dewan Pers, secara keseluruhan memberikan pedoman dan standar yang diikuti oleh organisasi pers baik organisasi wartawan maupun organisasai perusahaan pers.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...