Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Festival Kopi Muria Digelar di Pijar Park Kudus

Pembukaan Festival Kopi Muria. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah desa di lereng Pegunungan Muria terkenal dengan produksi kopinya, yakni Kopi Muria. Lewat Festival Kopi Muria yang digelar di Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus, Sabtu-Minggu (16-17/10/2021) kopi lokal akan diperkenalkan agar semakin mendunia.

Tak hanya itu barista-barista lokal hingga luar daerah akan berlomba dalam ajang kompetisi barista seperti cupi tasters, latte art, hingga manual brewing.

Festival Kopi Muria secara resmi dibuka oleh Bupati Kudus HM Hartopo.

Hartopo sangat mengapresiasi digelarnya Festival Kopi Muria ini. Apalagi, di Kecamatan Dawe memang terkenal akan potensi kopi sejak zaman Belanda.

”Bisa dibilang ini salah satu inovasi jangka panjang. Dengan festival ini bisa menjadikan studi banding barista lokal. Sehingga bisa terus berinovasi dengan mengangkat potensi kopi lokal,” katanya.

Pemkab sendiri, lanjut Hartopo, akan terus membantu pemasaran kopi Muria yang merupakan hasil petani lokal yang ada di lereng Gunung Muria.

Sementara Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Mutrikah menjelaskan, festival ini digelar untuk menggeliatkan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang potensi kopi Muria.

Apalagi, para petani kopi saat ini semakin semangat untuk menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

“Ini untuk meningkatkan promosi kopi yang ada di lereng Muria. Selain itu, juga untuk pemulihan ekonomi nasional dengan mengangkat potensi kearifan lokal yang ada,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...